Koridor XIII Busway Terkendala Lahan

Koridor XIII Busway Terkendala Lahan
Koridor XIII Busway Terkendala Lahan
JAKARTA - Rencana Pemprov DKI membangun busway koridor XIII (UI Depok-Manggarai) pada 2013 nampaknya sulit terealisasi. Sebab, pembangunan tersebut terkendala Sempitnya luas ruas jalan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta selatan. Dibutuhkan langkah pembebasan lahan setidaknya selebar 7 meter untuk menjadikan jalan tersebut bisa dilintasi busway.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan sampai saat ini pihaknya tengah menunggu putusan Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) terkait proyek tersebut. Setidaknya terdapat dua langkah alternatif yakni melakukan pembebasan lahan untuk pelebaran jalan dan pembangunan jalan layang khusus busway. “Setidaknya dibutuhkan lebar jalan 7 meter untuk busway. Sehingga busway dapat beroperasi optimal,” kata Pristono, Jumat (1/4).

Pristono menjelaskan rute yang bakal dilalui koridor XIII merupakan rute strategis. Dimana menghubungkan Jakarta dengan salah satu daerah mitra yakni Depok. Selain itu jalur yang dilintasipun cukup efektif memindahkan pola masyarakat pengendara kendaraan pribadi untuk beralih ke angkutan umum.

“Kawasan Depok, Lenteng Agung hingga Pasar Minggu merupakan kawasan pemukiman dan kampus. Dengan adanya busway mereka bisa memiliki alternatif angkutan selain KRL untuk meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah,” tandasnya.

JAKARTA - Rencana Pemprov DKI membangun busway koridor XIII (UI Depok-Manggarai) pada 2013 nampaknya sulit terealisasi. Sebab, pembangunan tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News