Korlantas Polri Mengerahkan 15 Ribu Personel untuk Pengamanan Mudik Iduladha

Korlantas Polri Mengerahkan 15 Ribu Personel untuk Pengamanan Mudik Iduladha
Kakorlantas Polri Irjen Istiono. Foto: dok Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Korlantas Polri mempersiapkan personel untuk mengamankan arus mudik 2020. Hal ini dilakukan dengan apel pelepasan pasukan pengamanan di halaman NTMC Polri, Jakarta, Rabu (29/7) dan dipimpin langsung oleh Kakorlantas Irjen Istiono.

Istiono mengatakan, personel yang dilepas hanya bersifat perbantuan untuk personel Polda jajaran.

“Ini bagian daripada pelayanan publik pada masyarakat kepada para pengguna jalan yang kemungkinan lmau pulang kampung, mau jenguk keluarga," kata Istiono di NTMC Polri, Jakarta, Rabu (29/7).

Jenderal bintang dua ini memprediksi akan ada gelombang mudik. Sebab Iduladha tahun ini jatuh pada hari Jumat, sehingga diperkirakan akhir pekan yang panjang. Oleh karena itu dibutuhkan operasi pengaman lalu lintas.

Adapun fokus pengaman yakni jalur Jakarta-Jawa Timur dan Jakarta-Sumatera. Pengamanan dilakukan di ruas jalan tol, arteri, dan jalur ke lokasi wisata.

Istiono juga menyampaikan, total personel yang dikerahkan mengamankan mudik Iduladha sebanyak 15 ribu. Atau sepertiga dari jumlah personel lalu lintas di seluruh Indonesia.

“Kami membantu mudik untuk memperpancar arus saja. Bila ada masalah di lapangan, kami sifatnya melayani publik yang melakukan aktivitas pulang kampung maupun kemungkinan ke daerah pariwisata," jelas Istiono.

Pengamanan mudik Iduladha sendiri berbeda dengan pengaman saat Idulfitri lalu. Sebab, pengamanan kali ini hanya bersifat operasi biasa yang ditingkatkan.

Ribuan personel Korlantas yang dilepas hanya bersifat bantuan untuk Polda jajaran selama mudik Iduladha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News