Korpri Gelar MTQ, Wapres dan Mendagri Bakal Hadir

Korpri Gelar MTQ, Wapres dan Mendagri Bakal Hadir
Foto/ilustrasi: Lombok Post/JPNN

jpnn.com - JAKARTA –  Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) III Tingkat Nasional 2016. Berdasarkan rencana Korpri, kegiatan itu akan digelar pada 12-21 November 2016 di Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Ketua Umum Korpri Zudan Arif Fakhrullah mengatakan, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dan Mendagri Tjahjo Kumolo dijadwalkan hair pada acara itu.  “Puncak MTQ 2016 nanti dibuka oleh Wapres RI, lalu penutupan oleh Mendagri,” kata Zudan di Jakarta.

 Zudan yang juga Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri itu menambahkan, 34 provinsi sudah berkomitmen untuk mengirimkan qori dan qoriah untuk lima mata cabang lomba yang digelar selama 10 hari tersebut. Sedangkan tema kegiatan itu adalah Melalui MTQ Kita Wujudkan Peran Korpri Menuju Birokrasi yang Bersih, Berwibawa dan Bermartabat sesuai tuntunan Alquran Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Memang, terlihat ada semangat yang meledak-ledak bahwa Korpri di bawah kepeimpinan Zudan. Mereka semakin kencang menggelorakan spirit baru organisasi. Yakni: bersih, berwibawa dan bermartabat.

“Bahasa gaulnya kami harus move on! Korpri harus berubah, menjadi lebih baik, lebih bersih, lebih berwibawa dan bermartabat,” kata Zudan.

Alumnud Fakultas Hukum Universitas Negeri 11 Maret Surakarta itu menjelaskan, ada beberapa tujuan Korpri menggelar MTQ. Pertama, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Alquran menuju birokrasi yang bersih dan bermartabat. Kedua, meningkatkan syiar dan ukhuwah islamiyah antar-anggota Kopri. Ketiga adalah melestarikan seni dan budaya Qurani di kalangan birokrasi selaku anggota Korpri.

Ada lima jenis lomba dalam MTQ Kopri III Nasional itu. Pertama, tartil Alquran putra putri. Kedua tilawah Alquran putra putri. Ketiga hifzhil Quran putra putri kategori surat Al Baqarah dan Juz Amma (3 juz plus), surat Al Baqarah sampai dengan An Nisaa (5 juz plus) putra putri, serta Surat Al Baqarah sampai dengan At Taubah (10 juz plus) putra putri.

Keempat adalah lomba dakwah dengan isi Alquran putra putri. Yang terakhir khat Alquran golongan dekorasi putra putri dan golongan kontemporer putra putri.

JAKARTA –  Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) III Tingkat Nasional 2016. Berdasarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News