Korps Marinir TNI AL Dorong Kemampuan Tempur Amfibi Berkelas Dunia

Korps Marinir TNI AL Dorong Kemampuan Tempur Amfibi Berkelas Dunia
Korps Marinir TNI AL. Ilustrasi. Foto: Dispen Koarmada II

jpnn.com, JAKARTA - Guna mempertajam kemampuan Marinir TNI AL memiliki kemampuan tempur amfibi berkelas dunia, TNI AL mengikuti kegitan Pacific Amphibious Leaders Symposium (PALS) kedua tahun 2021 secara virtual yang diselenggarakan U.S. Marine Force Pacific (Marforpac), Kamis (7/10).

Kegiatan ini sekaligus meningkatkan kerja sama, kesiapsiagaan, dan interoperabilitas antar-Angkatan Laut dan Marinir di negara-negara Indo-Pasifik serta United State Marine Corps (USMC).

PALS merupakan sebuah forum pertemuan Korps Marinir negara-negara Indo-Pasifik. Forum pertemuan yang digelar secara virtual ini merupakan yang kedua kali dan  menindaklanjuti PALS tahun 2021 pertama yang telah diselenggarakan bulan Mei 2021 yang lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual mengingat situasi masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Pertemuan ini diikuti 22 perwakilan Angkatan Laut dan Korps Marinir dari negara-negara di kawasan Indo-Pasifik dengan dipimpin Commander, U.S. Marine Corps Forces, Pacific (Marforpac) Lieutenant General Steven Rudder, dan dibuka dengan Keynote Address oleh General David H. Berger, USMC Commandant.

Kegiatan PALS ini membahas tentang Desain Kekuatan USMC 2030 yang ditunjang dengan penjabaran konsep Expeditionary Advanced Base Operations (EABO) dan pembangunan kemampuan Intermediate force capability guna menangkal ancaman dan gangguan non konvensional di wilayah Indo-Pasifik khususnya dalam domain operasi di wilayah abu-abu (grey zone operation).

Konsep tersebut dipaparkan oleh staff US Marforpac. Pada kesempatan ini juga disampaikan rencana penyelenggaraan PALS tahun 2022 di Jepang.

Dalam kondisi normal sebelum Covid-19, pertemuan tahunan ini biasanya dilaksanakan di Hawaii ataupun di negara-negara sahabat yang bertindak sebagai Co-Host yang dihadiri para Pimpinan pasukan pendarat (Marinir) dari negara-negara Indo-Pasifik.

Korps Marinir TNI AL mendorong kemampuan tempur amfibi berkelas dunia dengan mengikuti kegitan Pacific Amphibious Leaders Symposium (PALS) kedua tahun 2021 secara virtual yang diselenggarakan U.S. Marine Force Pacific (Marforpac), Kamis (7/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News