Korut - Korsel Sepakat Reuni Lagi

Korut - Korsel Sepakat Reuni Lagi
MENGURAS EMOSI: Warga senior Korut dan Korsel yang bertemu dalam aca reuni setelah sekian lama terpisah. FOTO: getty images

jpnn.com - SEOUL - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) akan kembali mengadakan reuni korban Perang Korea 1950-1953. Kerabat dan keluarga korban yang kini tersebar di berbagai wilayah Korea menyambut baik keputusan tersebut. Reuni itu dilaksanakan kembali setelah Korsel dan Korut meniadakan program tersebut sejak 2010.

Perwakilan pemerintah dua Korea itu sepakat untuk menyelenggarakan reuni tersebut pada 20-25 Februari. Reuni yang selalu menguras emosi itu bakal berlangsung di Resor Gunung Kumgang yang terletak di Korut. ''Kami berharap rencana ini terlaksana dengan baik demi menghapuskan duka dan penderitaan para keluarga (korban perang) yang tercerai-berai,'' terang Kementerian Unifikasi Korsel.

Kemarin keputusan mengenai reuni tersebut lahir di Desa Panmunjom yang terletak di perbatasan dua negara.

Namun, Yoo Ho-yeol, pengamat Korut di Korea University di Kota Seoul, Korsel, tidak terlalu antusias dalam menyambut kesepakatan tersebut. Menurut dia, Korut sengaja mengalah dan bersepakat dengan Korsel mengenai reuni itu untuk menarik simpati dunia. ''Mereka tidak lagi membatalkan reuni seperti beberapa waktu lalu. Tetapi, mereka bisa saja meminta beberapa syarat,'' ujarnya. (AFP/tia) 


SEOUL - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) akan kembali mengadakan reuni korban Perang Korea 1950-1953. Kerabat dan keluarga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News