Korut Nekat Bangun Fasilitas Nuklir

Korut Nekat Bangun Fasilitas Nuklir
Korut Nekat Bangun Fasilitas Nuklir
JAKARTA - Institut Amerika Korea di Universitas Johns Hopkins mempublikasikan foto satelit yang menunjukan adanya bangunan untuk uji coba reaktor dari tenaga air ringan di Yongbyon, Korea Utara. Temuan ini diklaim menunjukan keinginan Korut untuk terus melakukan pengembangan cadangan nuklirnya di masa depan.

Berdasarkan foto di situs resmi Institut AS-Korsel, 38north.org, memperlihatkan upaya pemerintah Korut hampir merampungkan fasilitas tersebut. Pembangunan reaktor uji coba tenaga air yang ringan, ELWR serta fasilitas serupa lainnya di Yongbyon untuk memperkaya uranium dituding sebagai sebuah indikasi yang menunjukan keseriusan Korut mengembangkan cadangan nuklirnya di masa depan. Pembangunan gedung reaktor itu sendiri diperkirakan baru akan beroperasi dalam dua tahun ke depan.

Korut sendiri sebelumnya membantah tengah berencana melakukan uji coba nuklirnya yang ketiga dari hasil pengayaan uranium sendiri untuk pertama kalinya. Rencana itu telah mendapat kecaman dan peringatan dari sejumlah negara seperti Cina dan AS.

Sejak awal seteru Negeri Gingseng (Korsel) tersebut menyatakan bahwa pembangunan reaktor tersebut untuk memenuhi kebutuhan energi listrik yang masih minim. Namun sejumlah laporan menunjukan bahwa Korut juga telah menjual teknologi pengembangan nuklirnya ke sejumlah negara seperti Suriah, Pakistan, Burma dan Libia.

JAKARTA - Institut Amerika Korea di Universitas Johns Hopkins mempublikasikan foto satelit yang menunjukan adanya bangunan untuk uji coba reaktor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News