Korut Perintahkan Evakuasi Kedubes

Korut Perintahkan Evakuasi Kedubes
Korut Perintahkan Evakuasi Kedubes
JAKARTA - Pemerintah Korea Utara (Korut) dikabarkan telah memberi peringatan kepada kedutaan-kedutaan besar di wilayah mereka untuk segera menutup kantornya. Hal ini dilakukan seiring dengan semakin memanasnya situasi di Semenanjung Korea.

Peringatan penutupan kantor ini disampaikan kedutaan besar Rusia di Korut. "Pemerintah Korea Utara telah meminta kedutaan besar Rusia untuk mempertimbangkan evakuasi bagi seluruh karyawannya," ujar Juru Bicara Kedutaan Besar Rusia di Pyongyang Denis Samsonov seperti dikutip dari Reuters, Jumat (5/4).

Kantor berita Pemerintah China, Xinhua juga mengabarkan hal serupa. Dalam laporannya, Pyongyang telah meminta kedutaan besar China segera melakukan evakuasi bila situasi memburuk.

Langkah pemerintah Korut ini sesuai dengan isi konvensi Wina. Konvensi tentang misi diplomatik itu menyebutkan bahwa ketika terjadi konflik, negara tuan rumah harus memfasilitasi evakuasi staf kedutaan besar dari wilayahnya. Dalam kasus ini, pemerintah Korut memberikan waktu sampai 10 April 2013 pada semua pihak kedutaan untuk memberikan permohonan evakuasi.

JAKARTA - Pemerintah Korea Utara (Korut) dikabarkan telah memberi peringatan kepada kedutaan-kedutaan besar di wilayah mereka untuk segera menutup

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News