Korut Siap Dialog dengan PBB

Korut Siap Dialog dengan PBB
Korut Siap Dialog dengan PBB
SEOUL - Militer Korea Utara (Korut) akan berdialog dengan unit PBB pimpinan AS hari ini, Kamis (15/7), untuk membahas tenggelamnya kapal perang Korea Selatan Cheonan. Forum tersebut merupakan yang pertama sejak hubungan kedua Korea kembali memanas pascatragedi Cheonan, Maret lalu.

 

Awalnya, pertemuan tersebut dijadwalkan Selasa (13/7). Namun, Korut meminta penundaan dengan alasan administrasi. Pertemuan itu akan dilangsungkan di Desa Panmunjom, wilayah perbatasan. Pembicaraan di tingkat kolonel tersebut bakal mengatur jadwal pertemuan selanjutnya untuk level jenderal.

 

Sebelumnya, Korut menolak berdialog dengan unit PBB pimpinan AS itu. Mereka menginginkan dialog langsung antarmiliter dengan Korea Selatan. Namun, Korut berubah pikiran pada Jumat, pekan lalu.

 

Beberapa saat setelah perkembangan positif tersebut, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan pernyataan yang mengutuk serangan terhadap Kapal Cheonan, namun sama sekali tidak menyebut pelakunya. Pernyataan tersebut merupakan kemenangan besar diplomasi Korut.

 

SEOUL - Militer Korea Utara (Korut) akan berdialog dengan unit PBB pimpinan AS hari ini, Kamis (15/7), untuk membahas tenggelamnya kapal perang Korea

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News