Kosmetik Anti Jerawat dan Pemutih Ilegal Hampir ke Jakarta

Kosmetik Anti Jerawat dan Pemutih Ilegal Hampir ke Jakarta
Barang bukti berupa kosmetik ilegal saat rilis di kantor Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Jogjakarta, Rabu (6/12). Ilustrasi Foto : Guntur Aga Tirtana/Radar Jogja

jpnn.com, BANTEN - Produk kosmetik ilegal yang diimpor dari Filipina berhasil disita Badan pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang diduga mengandung bahan kimia berbahaya, di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Impor ilegal produk kosmetik senilai Rp 5,4 miliar itu disebutkan rencananya akan disebarkan ke wilayah Jabodetabek.

Kepala BPOM RI Penny K. Lukito mengungkapkan, kosmetik itu diselundupkan melalui jalur pelabuhan diangkut dengan satu truk kontainer. Dari hasil pemeriksaan, terdapat kosmetik merek RDL HY Roquinone Tretinoin Baby Face yang belum terjamin keamanan mutu dan manfaatnya.

"Petugas kami mengamankan sebanyak 1,055 karton (dus) kosmetik yang diangkut truk kontainer tersebut yang diangkut dari Sumatera melalui jalur laut dengan tujuan Jakarta," Kata Penny.

Temuan kosmetik ilgal tersebut, lanjut Penny, sangat berbahaya untuk digunakan. Pasalnya bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

"Ini kan untuk menghilangkan jerawat dan pemutih, bahaya jika pemakaiannya tanpa resep dokter akan menyebabkan iritasi kulit bahkan bisa menyerang ginjal."

Sebagai tindak lanjut, BPOM sedang melakukan investigasi kepada pemilik maupun penanggung jawab produk tersebut.

Jika terbukti ada pelanggaran, maka akan dikenakan Pasal 196 dan Pasal 197 UU Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, tegas Penny.

Produk kosmetik anti jerawat dan pemutih ilegal berhasil disita Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang diduga mengandung bahan kimia berbahaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News