Kota Bandung Bakal Punya Tim Saber Pungli Sendiri

Kota Bandung Bakal Punya Tim Saber Pungli Sendiri
Ridwan Kamil. Foto: dok jpnn

jpnn.com - BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung tengah menyiapkan Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). 

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) mengatakan, hal ini dilakukan guna memperluas jangkauan pemberantasan pungli yang masih mungkin terjadi di lingkungan pelayanan publik di Kota Bandung.

"Kita sedang mempersiapkan membuat tim Saber Pungli. Dalam satu minggu saya tanda tangani timnya," kata Emil usai melakukan rapat pimpinan, di Pendopo Kota Bandung, Senin (21/11).

Satgas tersebut, kata dia, merupakan gabungan dari unsur Kepolisian, Kejaksaan, Kodim, dan Satpol PP Kota Bandung.

"Mudah-mudahan tim ini dapat membuat kualitas pelayanan bebas dari pungli. Nanti ada informan, ada pengintipan, ada OTT," ujaranya.

Emil membantah pembentukan satgas Saber Pungli karena maraknya pungli di Kota Bandung. 

Diterangkan bahwa pembentukan satgas tersebut berdasarkam Instruksi Presiden dan untuk memperkuatnya maka akan dibuatkan juga Keputusan Walikota Bandung. 

"Sebetulnya kita sudah ada sistem Lapor. Perizinan sudah online. Jadi pungli, kalau saya boleh klaim, sudah jauh menurun. Tapi yang namanya oknum mah aya wae, tapi sekarang bukan budaya lagi," ujarnya. (rmol/dil/jpnn)


BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung tengah menyiapkan Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).  Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News