Kowal Harus Tangguh, Berwawasan Luas, Tidak Gampang Menyerah

Kowal Harus Tangguh, Berwawasan Luas, Tidak Gampang Menyerah
Tampak Ny. Vero Yudo Margono selaku Ibu Pelindung dan Pembimbing Kowal atau lebih dikenal sebagai Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena Bersama KSAL Laksamana Yudo Margno pada acara syukuran peringatan HUT ke-59 Kowal di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Rabu (5/1). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) harus tangguh, berwawasan luas dan tidak gampang menyerah dalam setiap penugasan.

“Menjadi seorang prajurit adalah pilihan yang harus dipertanggungjawabkan dengan penuh kedewasaan dan kesadaran,” kata Ny. Vero Yudo Margono selaku Ibu Pelindung dan Pembimbing Kowal atau lebih dikenal sebagai Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena pada acara syukuran peringatan HUT ke-59 Kowal di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Rabu (5/1).

Ny. Vero yang juga menjabat Ketua Umum Jalasenastri menyampaikan Kowal harus mampu berkiprah melalui kecerdasan intelektual dan spiritual serta mendewasakan diri dalam berpikir dan bertindak.

“Kowal harus mampu berkiprah melalui kecerdasan intelektual dan spiritual serta mendewasakan diri dalam berpikir dan bertindak mengembangkan potensi diri guna mendukung keberhasilan dalam setiap penugasan yang menjadi tanggung jawabnya,” kata Ny. Vero Yudo.

Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena juga menjelaskan sebagai prajurit wanita hendaknya para Kowal tidak melupakan kodratnya dan mampu menempatkan diri kapan harus bersikap sebagai seorang prajurit wanita.

“Sebagai Kowal jangan melupakan kodrat sebagai wanita, harus mampu menempatkan diri dan berwawasan luas, serta tidak gampang menyerah. Jadilah prajurit wanita yang tangguh dan professional,” ungkapnya.

Ny. Vero berharap Kowal dapat menjadi mitra dan mampu sejajar dengan prajurit pria disesuaikan dengan kemampuan, persyaratan, dan kualitas yang mumpuni dan sesuai dengan jabatan, kompetensi, atau penugasan.

Menurut dia, hak dan kewajiban seorang prajurit wanita dan prajurit pria itu sama, disesuaikan dengan strata kepangkatan masing-masing.

Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) harus tangguh, berwawasan luas dan tidak gampang menyerah dalam setiap penugasan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News