KPK Bantah Coret Ahok dari Daftar Undangan

KPK Bantah Coret Ahok dari Daftar Undangan
Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama. Foto : dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bantah telah membatalkan undangan acara Festival Antikorupsi untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Gubernur yang akrab disapa Ahok itu justru dijadwalkan menerima penghargaan dalam acara yang digelar pada tanggal 10-11 Desember di Bandung, Jawa Barat tersebut.  

"Ahok tetap diundang sebagai kapasitas gubernur yang rencananya akan menerima penghargaan terkait gratifikasi," kata Pelaksana Tugas Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji dalam pesan singkat, Selasa (8/12/2015).

Meski begitu Indriyanto akui KPK tidak jadi memakai Ahok sebagai narasumber dalam salah satu rangkaian. "(Batal) Karena beliau sudah akan mewakili Pemprov DKI bagi penerimaan penghargaan tersebut,"  jelas Indriyanto.

Profesor Hukum Pidana Universitas Krisnadwipayana ini klaim bahwa ada miskomunikasi yang menyebabkan munculnya persepsi bahwa Ahok dicoret dari daftar undangan. Dia tegaskan, kehadiran gubernur yang tengah diterpa skandal pembelian lahan RS Sumber Waras itu tetap diharapkan.

Sebelumnya, Ahok mengaku KPK telah membatalkan undangan untuknya ke Festival Antikorupsi di Bandung, Jawa Barat. Ahok tidak mengetahui alasan pasti mengapa undangan terhadap dirinya itu dibatalkan.

"Sudah dibatalkan. Saya tidak tahu, tiba-tiba mereka email ke saya bilang acara untuk memperingati hari antikorupsi dunia dibatalkan oleh permintaan pimpinan KPK," kata Ahok di Balai Kota DKI, Selasa sore.

Ahok menyesalkan pembatalan yang dilakukan KPK. "Pimpinan KPK yang mana yang batalkan aku juga tidak tahu. Suratnya juga tidak resmi, hanya lewat email. Ya sudahlah, kalau batal diundang," ujar dia.

Pembatalan undangan dicurigai terkait keterlibatan Ahok dalam kasus pembelian lahan RS Sumber Waras yang saat ini sedang diproses KPK. Ahok menuding KPK ingin mengkriminalisasi dirinya.

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bantah telah membatalkan undangan acara Festival Antikorupsi untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News