KPK Bidik 13 Anggota DPRD Kaltim

Trima Gratifikasi USD 1.000 saat Berkunjung ke Korea Selatan

KPK Bidik 13 Anggota DPRD Kaltim
KPK Bidik 13 Anggota DPRD Kaltim
JAKARTA- Sebanyak tigabelas anggota Komisi III DPRD Kaltim yang menerima uang dari PT Kideco Jaya Agung dengan jumlah masing-masing USD1.000 itu diminta segera mengembalikannya ke negara. Jika sampai tanggal 9 Juli 2010 nanti tak juga dikembalkan, para akan dijerat pidana dengan tuduhan menerima sesuatu atau hadiah terkait jabatannya (gratifikasi) dengan ancaman kurungan minimal 4 tahun atau terberat 20 tahun hingga seumur hidup. Selain itu, juga diancam dikenai kewajiban membayar denda Rp20 juta hingga Rp1 miliar.

Menurut Direktur Gratifikasi KPK, Muhammad Sigit, KPK menjadi satu-satunya lembaga yang berhak menerima pengembalian uang yang diduga merupakan gratifikasi. Hal itu sesuai UU Korupsi Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001, menjadi satu-satunya pihak yang berhak menerima pengembalian uang yang diduga merupakan gratifikasi.

"Jadi bukan dikembalikan ke Kejati, tapi ke KPK," ucap Sigit.

Ditambahkan, sesuai UU Korupsi, pengembalian maksimal dilakukan 30 hari kerja sejak uang diterima. Atau untuk kasus DPRD Kaltim deadline-nya tanggal 9 Juli 2010.

JAKARTA- Sebanyak tigabelas anggota Komisi III DPRD Kaltim yang menerima uang dari PT Kideco Jaya Agung dengan jumlah masing-masing USD1.000 itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News