KPK Didesak Masuk ke Sektor Tambang

KPK Didesak Masuk ke Sektor Tambang
KPK Didesak Masuk ke Sektor Tambang
JAKARTA--Kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai masih kurang memuaskan. Hal ini dilihat dari tingkat pengembalian kerugian negara oleh para koruptor yang masih rendah. Padahal dana yang diberikan negara kepada KPK sangat besar.

"Harusnya kalau diberikan Rp100 miliar, maka yang diberikan ke negara harus triliunan rupiah juga," kata Yadil Harahap, anggotal Komisi III DPR RI yang dihubungi Rabu (30/12).

Dia mencontohkan, pengembalian kerugian negara oleh Kejaksaan yang lebih besar dibandingkan KPK. "Sebagai lembaga super body, harusnya KPK bisa mengembalikan kerugian negara lebih besar lagi. Sebab, selama ini banyak penyelenggara negara tidak bisa mengembalikan uang kerugian negara. Padahal dalam penyelidikan hingga penuntutan, KPK telah mengeluarkan dana tak sedikit," ucapnya.

Dia juga menyayangkan fokus pemeriksaan KPK yang masih terbatas pada korupsi bernilai kecil. Menurut dia, ke depan KPK harus mengubah fokus pemeriksaan pada korupsi yang lebih besar yaitu di sektor sumber daya alam yakni pertambangan, kehutanan, dan kelautan.

JAKARTA--Kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai masih kurang memuaskan. Hal ini dilihat dari tingkat pengembalian kerugian negara oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News