KPK Isyaratkan Anas Dituntut Maksimal

KPK Isyaratkan Anas Dituntut Maksimal
KPK Isyaratkan Anas Dituntut Maksimal

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto menyebut mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum bisa diberikan tuntutan maksimal. Oleh karena itu ia menunggu bagaimana pertimbangan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK.

"Seharusnya JPU memberi tuntutan maksimal. Kita lihat nanti pertimbangan JPU, karena yang melihat seluruh proses kan JPU," kata Bambang dalam pesan singkat, Jumat (5/9).

Bambang menyatakan pemberian tuntutan maksimal didasarkan pada pertimbangan yang meringankan dan memberatkan. Salah satu hal yang memberatkan adalah terdakwa tidak kooperatif.

"Kalau terdakwa tidak kooperatif bisa dimasukkan hal memberatkan. Tapi kalau pakai satu analisis yang dipakai UNCIC, korupsi bisa menyebabkan proses demokratisasi tidak berjalan sempurna, apa yang dilakukan Anas bisa dikualifikasi ke itu," tutur Bambang.

Selain itu, upaya Anas mempengaruhi persidangan dan mengintervensi saksi-saksi menjadi satu indikasi kuat ada manipulasi yang dilakukan suami Athiyyah Laila itu.

"Upaya-upaya yang mencoba untuk mempengaruhi persidangan dan mengintervensi saksi-saksi, satu indikasi kuat ada manipulasi proses oleh terdakwa," ucap Bambang.

Bambang menyatakan tidak ada hal meringankan untuk Anas. "Sepantauan saya tidak ada hal yang meringankan, belum ada tuh yang meringankan," tandasnya. (gil/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto menyebut mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum bisa diberikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News