KPK Koordinasi dengan Polri Tangani Kasus Bank Century

KPK Koordinasi dengan Polri Tangani Kasus Bank Century
KPK Koordinasi dengan Polri Tangani Kasus Bank Century
JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengambil langkah baru dalam upaya penanganan kasus Bank Century. Dalam waktu dekat, KPK akan segera berkoordinasi dengan pihak Polri. Tim penyelidik KPK akan menggelar pertemuan dengan tim penyidik Polri. Hal itu diungkapkan Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Prabowo, ketika dihubungi kemarin (15/5).

"Dalam waktu dekat penyelidik KPK akan mengundang penyidik Polri untuk membicarakan kemajuan proses penanganan kasus Century," paparnya. Johan menuturkan, rencana tersebut tercetus setelah dua pimpinan KPK, Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan Haryono Umar dan Mochammad Jasin menggelar pertemuan dengan petinggi Polri, terkait persoalan penarikan empat penyidik Polri. "Upaya koordinasi itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan pimpinan KPK dengan petinggi Polri, Jumat (14/5) lalu. Ini murni dari inisiatif KPK,"lanjut Johan.

Dalam pertemuan tersebut, kata Johan, penyelidik KPK dan penyidik Polri akan saling bertukar data dan informasi, untuk melengkapi penanganan perkara masing-masing pihak. Di samping itu, KPK juga akan meminta gelar perkara penanganan kasus Bank Century yang sudah dilakukan pihak Polri. "Ini masih dalam lingkup supervisi dan koordinasi KPK dengan penegak hukum lain," kata Johan.

Meski begitu, KPK dan Polri memiliki tugas masing-masing. Berdasarkan hasil penyelidikan KPK, ditemukan dugaan tindak pidana korupsi dan tindak pidana perbankan. Untuk itu, lembaga antikorupsi itu menangani dugaan tindak pidana korupsi, sedangkan pihak Polri akan mengambil alih dugaan tindak pidana perbankan dan tindak pidana pencucian uang (money laundering).

JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengambil langkah baru dalam upaya penanganan kasus Bank Century. Dalam waktu dekat, KPK akan segera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News