KPK Merasa Hadapi Tragedi karena Gelar OTT Berkali-kali

KPK Merasa Hadapi Tragedi karena Gelar OTT Berkali-kali
Alexander Marwata. Foto: dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menganggap banyaknya pejabat yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) bukanlah prestasi bagi lembaga antirasuah itu. Sebab, KPK justru menganggapnya sebagai tragedi.

"Banyaknya OTT akhir-akhir ini yang dilakukan KPK itu bukan prestasi buat KPK. Bagi kami itu tragedi," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, saat rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR, Selasa (26/9) malam.

Mantan hakim ad hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta itu menegaskan, OTT KPK merupakan tindak lanjut atas laporan masyarakat. Menurutnya, jika laporan itu tak ditindaklanjuti maka masyarakat akan menganggap KPK tak peduli.

"Semua informasi masyarakat kalau tidak ditindaklanjuti nanti (terkesan) apatis juga," ujarnya.

Alex menambahkan, maraknya OTT berarti menyangkut komitmen dan integritas kepala daerah. Sebab, KPK sejatinya telah beberapa kali turun ke daerah dalam rangka melakukan pencegahan.

Sebagai contoh, KPK turun ke Bengkulu dan Banten dalam rangka program koordinasi, supervisi dan pencegahan. Namun, lanjutnya, aparat pengawasan inter pemerintah (APIP) atau inspektorat memang kurang berperan karena posisinya di bawah kepala daerah.

Karena itu, KPK mengusulkan ke Kemendagri agar APIP tidak berada di bawah kepala daerah. "Kami ingin inspektorat independen," katanya.(boy/jpnn)


Wakil Ketua KPK Alexader Marwata menyatakan bahwa operasi tangkap tangan atau OTT bukanlah prestasi bagi lembaganya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News