KPK: Pemerasan TKI Sangat Masif

KPK: Pemerasan TKI Sangat Masif
Suasana saat inspeksi gabungan di Bandara Soekarno-Hatta. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi menganalisis bahwa aksi pemerasan yang menimpa Tenaga Kerja Indonesia di area Bandara Soekarno-Hatta amat masif.

Sedikitnya, terdapat 360 ribu pahlawan devisa yang kembali ke Tanah Air setiap tahunnya berpotensi mengalami pemerasan.

"Rata-rata TKI diperas oleh oknum tak bertanggungjawab dan preman sebesar Rp 2,5 juta per orang," ungkap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto kepada wartawan, Sabtu (26/7).

Biaya tersebut, jelasnya, diperuntukkan sebagai dana kompensasi mengeluarkan TKI dari areal bandara, penggelembungan biaya transportasi, biaya pengeluaran barang dari bagasi, dan paksaan menukar mata uang asing dengan kurs rendah.

Menurut Bambang, apabila hanya 50 persen saja TKI yang diperas maka nilai hasil pemerasan tergolong fantastis.

"Kira-kira sebesar 130 ribu dikali Rp 25 juta sama dengan Rp 325 miliar per tahun. Inilah putaran hasil pemerasan yang dinikmati oknum polisi, dan penyelenggara negara lainnya bersama para preman," jelas Bambang.

Diketahui, pada Sabtu dini hari, KPK melakukan inspeksi mendadak di Terminal IIF Bandara Soetta. Dalam sidak yang dibantu Mabes Polri, Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) dan Angkasa Pura II diamankan sebanyak 18 orang yang berperan memeras TKI sekembalinya dari luar negeri. (rmo/jpnn)


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi menganalisis bahwa aksi pemerasan yang menimpa Tenaga Kerja Indonesia di area Bandara Soekarno-Hatta amat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News