KPK Ungkap Empat Hal yang Buat Dalil Kubu BG Lemah

KPK Ungkap Empat Hal yang Buat Dalil Kubu BG Lemah
Tim Kuasa Hukum KPK. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Salah seorang kuasa hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Chatarina M. Girsang menyatakan ada empat hal yang membuat dalil permohonan praperadilan yang diajukan Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan menjadi lemah. 

Hal pertama yang melemahkan dalil kubu Budi Gunawan menyangkut kolektif kolegial. "Karena undang-undang sendiri memungkinkan tidak selalu harus lima," kata Chatarina usai persidangan praperadilan Budi Gunawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (13/2).

‎Alasan berikutnya, dalil dalam permohonan Budi Gunawan tidak cukup bukti. Kemudian soal penyidikan tidak sah karena tersangka belum pernah dipanggil untuk diminta keterangan juga melemahkan dalil Budi Gunawan.

Pasalnya, ahli yang dihadirkan dalam persidangan ‎bisa mematahkan penyidikan KPK yang disebut tidak sah. "Menurut para ahli tidak ada keharusan di undang-undang," ucap Chatarina. 

Terakhir, hal yang mematahkan dalil permohonan kubu Budi Gunawan adalah soal LHA PPATK. Menurut Chatarina, LHA yang dipegang Polri berbeda dengan KPK.

"KPK menggunakan LHA khusus untuk perkara Pak Budi Gunawan, jadi beda dengan LHA-nya Polri," tandasnya. (gil/jpnn)


JAKARTA - Salah seorang kuasa hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Chatarina M. Girsang menyatakan ada empat hal yang membuat dalil permohonan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News