KPU Akui Syarat Parpol Lebih Sulit

KPU Akui Syarat Parpol Lebih Sulit
KPU Akui Syarat Parpol Lebih Sulit
JAKARTA-Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Hafiz Gumay, beralasan, mundurnya jadwal pengumuman hasil verifikasi dokumen partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, karena syarat Pemilu saat ini jauh lebih berat dari sebelumnya.

Proses verifikasi saat ini katanya, dibagi dalam dua aspek. Kepengurusan parpol dan syarat administrasi di satu sisi, juga keanggotaan di sisi lain. "Jadi syaratnya Pemilu sekarang jauh lebih berat. Banyak aspek, dokumen terkait yang perlu dilihat. Sehingga kami butuh lebih banyak waktu dan ruang untuk bisa pastikan apa yang dikerjakan tidak keliru,"katanya dalam konferensi pers yang digelar di gedung KPU, Jakarta, Kamis (25/10) malam.

Terutama katanya, terkait syarat keanggotaan. Dari seluruh parpol yang mendaftar, beberapa diantaranya tidak merespon peraturan sebagaimana yang telah diwacanakan oleh KPU. "Jadi ada data tentang keanggotaan, tidak sepenuhnya masuk dalam sistem yang ditata terlebih dahulu. Ada parpol yang lengkapi data, tapi ada yang tidak,"katanya.

Anehnya, bagi partai-partai yang tidak melengkapi data keanggotaan sebagaimana persyaratan yang telah ditetapkan KPU, menurut Hadar, tidak berarti melanggar peraturan yang ada.

JAKARTA-Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Hafiz Gumay, beralasan, mundurnya jadwal pengumuman hasil verifikasi dokumen partai politik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News