KPU Bakal Tegur Capres-Cawapres yang Kampanye Terbuka di Luar Jadwal Zonasi

KPU Bakal Tegur Capres-Cawapres yang Kampanye Terbuka di Luar Jadwal Zonasi
Ketua KPU RI hasyim Asy'ari saat membuka Debat Keempat Pilpres 2024 di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa KPU dan Badan Pengawas Pemilu mengawasi setiap zona kampanye terbuka.

Oleh karena itu, KPU bakal menegur pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang melakukan kampanye terbuka di luar jadwal zonasi.

"Nanti dapat teguran, ya, kalau seandainya betul bahwa kampanye di luar jadwal kampanye yang ditentukan. Ini, kan, tidak sekadar zonasi, tetapi juga ada jadwalnya," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU, Jakarta, Senin (22/1).

Hasyim menuturkan berdasar hasil rapat antara KPU dengan perwakilan partai dan tim sukses pasangan calon peserta Pilpres 2024, telah disepakati agar pasangan capres-cawapres menaati jadwal zonasi kampanye terbuka.

Menurut dia, untuk memudahkan pengaturan kampanye dibutuhkan pengelompokan zonasi, agar partai politik koalisi pendukung pasangan calon dapat berkampanye di zona yang sama.

Demikian juga bagi partai politik, yang tidak menjadi bagian dari gabungan partai politik pengusung pasangan calon bersangkutan, telah ditentukan dengan zonasi tersendiri.

KPU pun telah menetapkan tiga zona untuk kampanye akbar Pemilu 2024, yakni Zona A, Zona B, dan Zona C. "Berdasarkan kesepakatan itulah yang kemudian dibuat keputusan KPU tentang jadwal dan juga zona kampanye yang menggunakan metode rapat umum. Pada prinsipnya begitu," ujar Hasyim.

Meski demikian, KPU memberikan keleluasaan kepada tim sukses pasangan calon pada H-3 atau tiga hari sebelum pelaksanaan kampanye terbuka berakhir untuk berkampanye diseluruh wilayah Indonesia tanpa menggunakan ketentuan zonasi.

KPU bakal menegur pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang melakukan kampanye terbuka di luar jadwal zonasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News