KPU DKI: Masih Ada Kampanye Hitam di Putaran Kedua

KPU DKI: Masih Ada Kampanye Hitam di Putaran Kedua
Dahlia Umar (jilbab kuning) Foto: Andrian Gilang/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Pokja Kampanye Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Dahlia Umar ‎mengungkap masih adanya kampanye hitam pada Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua.

"Faktanya ternyata ada kampanye hitam, tapi itu sudah ditindaklanjuti oleh Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu)," kata Dahlia dalam diskusi 'Adu Program VS Kampanye Hitam' di Cikini, Jakarta, Sabtu (1/4).

Menurut Dahlia, para elite harus memberikan contoh mengenai kampanye secara santun dan tidak menggunakan isu SARA. Sebab, hal itu akan kontraduktif dengan tujuan kampanye sebagai fungsi pendidikan politik bagi masyarakat.

"‎Kampanye fungsinya pendidikan politik bagi pemilih. Maka pasangan calon, tim kampanye, dan pendukung bisa ambil sikap berkampanye yang lebih santun. Tujuannya untuk sosialisasi program dan kebijakan yang diambil jika terpilih," tutur Dahlia.

Dahlia menjelaskan, kampanye penajaman‎ visi misi di putaran kedua berbeda dengan putaran pertama. Perbedaan itu terlihat dari konten kampanye.

Menurut Dahlia, pada putaran kedua, kampanye dilakukan untuk mengelaborasi lebih jauh mengenai program unggulan atau konsep pasangan calon, yang telah diketahui oleh masyarakat sejak putaran pertama.

"Misalnya tentang kebijakan konsep rumah tinggal. Ada dua pasangan calon punya konsep berbeda menata perumahan bagi rakyat di Jakarta. Harus dielaborasi, bukan hanya ide. Jika terpilih bagaimana melaksanakan janji dia," ‎ucap Dahlia.

Dahlia menyatakan, masyarakat juga tidak boleh bersikap pasif. Mereka harus bergerak untuk mencari informasi mengenai apa yang diharapkan dari seorang calon. "Itu yang diharapkan di putaran kedua," ujar Dahlia. (gil/jpnn)


Ketua Pokja Kampanye Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Dahlia Umar ‎mengungkap masih adanya kampanye hitam pada Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News