KPU Gresik Hitung Ulang Logistik Pemilu

KPU Gresik Hitung Ulang Logistik Pemilu
Logistik pemilu yang sudah sampai di Kota Gresik kemarin. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, GRESIK - Meski logistik pemilihan umum (pemilu) sudah mulai berdatangan di Kota Gresik kemarin (24/11). Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih akan menghitung ulang kebutuhan logistik di wilayah masing-masing. Khususnya kotak dan bilik suara.

Total, ada 18 ribu kotak suara dan 6 ribu bilik suara yang dikirim dari KPU pusat. Kasubbag Umum dan Logistik KPU Kabupaten Gresik Maksun menyatakan, seluruh logistik sudah disimpan di dua gudang. Lokasinya berada di Jalan Mayjen Sungkono dan dr Wahidin Sudiro Husodo.

Maksun menyebutkan, jumlah kotak suara disesuaikan jumlah TPS (tempat pemungutan suara) dikali lima. Total, ada 3.654 TPS yang tersebar di 18 kecamatan. Selain itu, kotak suara juga akan dibagikan ke 18 PPK (panitia pemilihan kecamatan). Setiap PPK akan diberi sebelas kotak suara. Itu akan dipakai untuk perhitungan surat suara di tingkat kecamatan.

Komisioner KPU Gresik Elvita Yulianti menjelaskan bahwa hanya sebagian logistik untuk bilik suara yang dikirim. Nanti sebagian akan menggunakan bilik suara yang dimiliki sebelumnya. Namun, bahannya berbeda. Bilik suara baru menggunakan bahan kertas kardus. "Yang lama punya kita pakai aluminium. Itu nanti dipakai semua," jelasnya.

Perempuan yang akrab disapa Feti tersebut menyatakan, jumlah bilik suara milik KPU Kabupaten Gresik hanya tujuh ribuan. Jumlah itu masih kurang jika dibandingkan dengan jumlah TPS. Karena itu, KPU mengajukan pengadaan lagi sebanyak 6.788 buah. "Nantinya pada satu TPS ada empat bilik," katanya.

Feti menuturkan, KPU masih akan memverifikasi kembali jumlah TPS yang ada. Sebab, mungkin terjadi pemekaran TPS. "Nanti kita gelar pleno untuk menentukan itu. Jadi, akan kelihatan kekurangan logistiknya," ungkapnya. (adi/c20/dio) 

Nanti sebagian akan menggunakan bilik suara yang dimiliki sebelumnya. Namun, bahannya berbeda. Bilik suara baru menggunakan bahan kertas kardus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News