KPU Prediksi 77 Paslon akan Bersaing

KPU Prediksi 77 Paslon akan Bersaing
Pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - KPU Provinsi NTT memperkirakan gong Pilkada serentak 2018 ditabuh pada Juli 2017. Dan, berdasarkan peta jumlah kursi, paling banyak terdapat 77 pasangan calon (Paslon).

Juru Bicara KPU Provinsi NTT, Yosafat Koli kepada Timor Express (Jawa Pos Group), Selasa (28/2) mengatakan KPU sudah menghitung jumlah kursi serta peluang jumlah calon independen di 10 kabupaten dan Pilgub. Oleh karena itu, total paling banyak adalah 77 pasangan calon atau 154 calon.

“Ini cukup banyak sehingga perlu kita persiapkan dengan baik. Tapi ini baru perkiraan berdasarkan kursi parpol,” kata Yosafat.

Untuk Pilgub, demikian Yosafat, diperkirakan maksimal jumlah calon adalah tujuh calon. Ketujuh calon itu yakni tiga dari jalur independen dan empat dari parpol. Namun, sejauh ini belum terdengar ada Cagub yang berani maju dari jalur independen.

Ia juga mengatakan gong pilkada sudah harus ditabuh 11 bulan sebelum tahapan pencoblosan. KPU pusat telah menetapkan pencoblosan pilkada serentak ada di bulan Juni 2018. Artinya, 11 bulan sebelum itu atau tepatnya Juli 2017 tahapan pilkada sudah dimulai.

Saat ini KPU Provinsi NTT masih memantau pembahasan anggaran pilkada di kabupaten maupun di provinsi. Sejauh ini menurutnya tidak ada kendala. Ia berharap, KPU di daerah tidak mengalami kendala soal anggaran. Dengan demikian, pelaksanaan pilkada tidak terganggu.

KPU NTT juga masih menunggu pertemuan dengan KPU kabupaten dan DPRD serta pemerintah kabupaten yang difasilitasi Pemprov NTT untuk membahas pelaksanaan Pilkada serentak. Hal ini sesuai dengan kesepakatan KPU bersama DPRD NTT dalam pertemuan di DPRD NTT beberapa waktu lalu.

“Kita masih menunggu respon dari Pemprov untuk pertemuan itu,” kata Yosafat.

KPU Provinsi NTT memperkirakan gong Pilkada serentak 2018 ditabuh pada Juli 2017. Dan, berdasarkan peta jumlah kursi, paling banyak terdapat 77 pasangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News