KPU Salah Melulu, Ganjar Kritisi Kredibilitas Penyelenggaraan Pemilu

KPU Salah Melulu, Ganjar Kritisi Kredibilitas Penyelenggaraan Pemilu
Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo melayani wawancara dengan media massa di Blora, Jawa Tengah, Kamis (4/1/2024). Foto: Tim Media Ganjar Pranowo

jpnn.com, BLORA - Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo mengkritisi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang melakukan sederet kesalahan dalam penyelenggaran pemilu.

Kesalahan terkini KPU ialah soal spesimen atau dummy surat suara untuk sosialisasi pemilihan presiden yang hanya mencantumkan dua kontestan Pilpres 2024, padahal faktanya ada tiga pasangan capres-cawapres.

Ganjar menyindir KPU yang hanya meminta maaf meski lembaga penyelenggara pemilu itu sudah berkali-kali melakukan kesalahan.

"Ini KPU sebagai penyelenggara, kok, berkali-kali minta maaf terus, ya. Kalau minta maaf terus, nanti kredibilitasnya dipertanyakan, lo,” ucap Ganjar saat dimintai tanggapannya di Blora, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (4/1/2024).

Gubernur Jatang periode 2017-2018 dan 2018-2023 itu menuturkan kesalahan KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2024 tidak hanya sekali terjadi.

Ganjar mencontohkan kesalahan pengiriman surat suara untuk Pilpres 2024 di luar negeri, kebocoran data pemilih, hingga spesimen surat suara yang hanya mencantumkan dua kontestan.

Mantan pimpinan Komisi II DPR itu mengaskan berbagai kesalahan tersebut menunjukkan KPU saat ini tidak berkinerja baik.

"Maka kami meminta, semua yang keluar dari KPU harus ada yang melakukan supervisi agar tidak terjadi kesalahan dan KPU benar-benar profesional," ucapnya.

Ganjar Pranowo mengkritisi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang melakukan sederet kesalahan dalam penyelenggaran pemilu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News