Krakatau Steel Lipatgandakan Saham

Krakatau Steel Lipatgandakan Saham
Krakatau Steel Lipatgandakan Saham
JAKARTA - PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) bakal melipatgandakan kepemilikan saham pada PT Indojapan Steel Centre (ISC) menjadi 20 persen. Peningkatan itu dilakukan guna mengamankan suplai pada masa mendatang. ”Ini bentuk bargaining power manajemen,” tukas Wawan Hernawan, Komisaris Indojapan, di Jakarta, Kamis (14/6).

Indojapan merupakan perusahaan hasil bentukan bersama tiga perusahaan, yakni PT Nippon Steel Trading Co Ltd, PT Adywinsa Dinamika, dan PT Dwijaya Sentosa Abadi. Masing-masig perusahaan itu memiliki 30 persen saham. PT Adywinsa Dinamika, dan PT Dwijaya Sentosa Abadi akan melepas sahamnya ke Nippon dan ke Krakatau Steel dengan harga par. "Jadi sama, kalau 10 saham yang akan diakuisisi dananya sekitar Rp 10 miliar. Keputusannya mungkin minggu depan," tandasnya.

Nantinya saham Indojapan dimiliki Nippon sebesar 80 persen, dan Krakatau Steel sebanyak 20 persen. Dan, pelepasan saham itu sudah ada kesepakatan. Dengan dua nahkoda di Indojapan diharap lebih mudah koordinasi. Indojapan merupakan produsen elemen-elemen baja kendaraan dengan kapasitas produksi 120 ribu ton per tahun.

Di sisi lain, Direktur Utama KRAS Irvan Kamal Hakim mengaku belum ada tawaran resmi untuk menambah saham pada Indojapan. Kalau memang perseroan menerima tawaran itu secara otomatis langsung dilaporkan kepada Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). "Kami belum menerima tawaran itu,” ucap Irvan.

JAKARTA - PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) bakal melipatgandakan kepemilikan saham pada PT Indojapan Steel Centre (ISC) menjadi 20 persen. Peningkatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News