KRI Banjarmasin-592 Angkut Ekspedisi Bakti PMK 2017

KRI Banjarmasin-592 Angkut Ekspedisi Bakti PMK 2017
Laksda TNI Agung Prastiawan berfoto bersama dengan para peserta ekspedisi bakti Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) 2017 usai apel pelepasan di lapangan Mulyono Silam, Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara. Foto: Kolinlamil

jpnn.com, JAKARTA - KRI Banjarmasin-592 mendukung ekspedisi bakti PMK 2017 yang berangkat menuju Merauke dengan mengangkut 574 orang peserta dari berbagai elemen masyarakat. Pemberangkatan ekspedisi ini dilaksanakan dalam upacara pemberangkatan dipimpin Sesmenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) YB Satya Sananugraha di Lapangan Mulyono Silam, Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (6/10).

Kegiatan pelepasan ekspedisi bakti PMK ini juga merupakan kegiatan terakhir Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agung Prastiawan sebelum bergeser dengan jabatan barunya sebagai Asrenum Panglima TNI.

Ekspedisi NKRI ini akan berlangsung mulai 6 Oktober hingga 8 November 2017 dengan melibatkan 1.180 peserta dari berbagai kalangan, khususnya generasi muda, dengan jumlah yang diberangkatkan dari Jakarta sebesar 574 orang dan 606 peserta akan direkrut dari Papua. Sebanyak 311 orang merupakan mahasiswa dari 103 perguruan tinggi di Indonesia.

KRI Banjarmasin yang mengangkut 574 orang peserta ini akan melalui rute Jakarta – Makassar – Muna – Ambon – Tual – Dobo – Agats – Merauke – Makassar – Jakarta – Surabaya.
Rute pelayaran ekspedisi ini akan mengambil jarak sejauh 5431 nautical mile dengan waktu pelayaran 22 hari 15 jam dan 6 menit. Sedangkan sandarnya dengan berbagai kegiatan selama 15 hari.

Dalam sambutannya, Sesmenko PMK menjelaskan Ekspedisi NKRI lebih difokuskan pada pembinaan generasi muda untuk memiliki rasa kebangsaan yang tinggi, yang dapat dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan outbond, survival, dan kegiatan pembinaan lainnya. Melalui ekspedisi NKRI, yang dikoordinasikan Kemko PMK, berbagai program kegiatan berbasis masyarakat lintas kementerian/lembaga diselenggarakan agar masyarakat dapat merasakan kehadiran negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu juga untuk menumbuhkan rasa solidaritas dan kesetiakawanan sosial serta menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan masyarakat.

Dengan kegiatan ini diharapkan para mahasiswa dapat menjadi agen perubahan cara berpikir, cara bekerja, dan cara hidup yang dapat membangun masyarakat yang bermartabat, berkemajuan, dan bergotong royong. Dalam penjelajahan Ekspedisi NKRI kali ini juga diharapkan dapat diperoleh berbagai temuan baru, baik sumber kekayaan alam maupun budaya.

Untuk selanjutnya, temuan-temuan itu dapat disampaikan kepada pemerintah, perguruan tinggi, serta masyarakat, untuk dapat ditindaklanjuti agar bermanfaat bagi kepentingan rakyat.
Peserta Ekspedisi nantinya akan dibagi dalam 2 (dua) Korwil yaitu Korwil Merauke dengan wilayah Subkorwil-1/Asmat di Kabupaten Asmat, Subkorwil-2/Mappi di Kabupaten Mappi, subkorwil-3/Merauke di Kabupaten Merauke dan Korwil Boven Digoel dengan wilayah subkorwil-4/Mindiptana di Kabupaten Boven Digoel dan subkorwil-5/Tanah merah di Kabupaten Boven Digoel.

KRI Banjarmasin-592 mendukung ekspedisi bakti PMK 2017 yang berangkat menuju Merauke dengan mengangkut 574 orang peserta dari berbagai elemen masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News