KRI Mentawai Angkut Pasukan Marinir Amankan Wilayah Natuna

KRI Mentawai Angkut Pasukan Marinir Amankan Wilayah Natuna
Komandan KRI Mentawai 959 Mayor Laut (P) Hadi Subandi melaksanakan apel pengecekan personel sebelum melakukan pelayaran ke daerah tujuan operasi. FOTO: Dispen Kolinlamil

jpnn.com - JAKARTA - KRI Mentawai-959 jenis Coaster mengangkut pasukan Marinir Batalyon Infanteri (Yonif) 2, Rabu (21/9).

Pasukan Marinir Yonif 2 yang bermarkas di Cilandak ini dipimpin Komandan Kompi C Lettu Marinir Andhik Dewantoro yang membawa 58 orang prajurit. Mereka akan bertugas mengamankan pulau terluar dalam Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Pulau Terluar Pulau Natuna.

KRI yang dinakhodai Mayor Laut (P) Hadi Subandi ini merupakan jenis kapal perang Bantuan Umum (BU) diproduksi di Hongaria tahun 1964. Kapal ini memiliki spesifikasi panjang 74,54 meter dan lebar 11,30 meter.

KRI Mentawai 595 masuk jajaran TNI AL pada tanggal 1 September 1964 dan dioperasikan oleh Kolinlamil sejak tahun 1975.

Kapal perang ini memiliki berat 1.301 DWT dan mampu mengangkut 850 ton dan personel dengan fasilitas 250 pasukan dengan kelengkapan perorangan lainnya memiliki kemampuan menempuh kecepatan maksimal 11,5 knot/jam.

Asisten Operasi (Asops) Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) P. Rahmad Wahyudi, mengatakan untuk mendukung pengangkutan pasukan dan logistik pengamanan pulau terluar di wilayah barat Indonesia telah disiapkan satu unsur KRI yaitu KRI Mentawai 959.

Dalam penugasannya, KRI Mentawai 959 akan embarkasi/mengangkut prajurit Marinir dan logistik dari Jakarta dan debarkasi/diturunkan ke pulau-pulau tujuan yang telah ditentukan menggantikan satuan tugas (Satgas) yang lama. Selanjutnya pasukan Marinir yang telah selesai masa penugasannya akan diangkut kembali ke Jakarta.

“Dalam rencananya sasaran pengiriman pasukan ini diarahkan ke pulau Pulau Sekatung, Pulau Berhala dan Pulau Rondo yang merupakan pulau-pulau terluar di wilayah Indonesia di bagian barat,” ujar Asops Pangkolinlamil.

JAKARTA - KRI Mentawai-959 jenis Coaster mengangkut pasukan Marinir Batalyon Infanteri (Yonif) 2, Rabu (21/9). Pasukan Marinir Yonif 2 yang bermarkas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News