KRI Sultan Hasanuddin-366 Sukseskan Steel Storm Exercise 2020

KRI Sultan Hasanuddin-366 Sukseskan Steel Storm Exercise 2020
KRI Sultan Hasanudin-366 dari jajaran Satkor Koarmada II tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL. Foto: Penerangan TNI

jpnn.com, LEBANON - Bertepatan dengan pelayaran ke-36, KRI Sultan Hasanudin-366 dari jajaran Satkor Koarmada II dengan Komandan Letkol Laut (P) Ludfy yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL, dipercaya oleh United Nations Interim Force In Lebanon (UNIFIL) sebagai perwakilan kapal perang MTF UNIFIL untuk mendukung Steel Storm Exercise.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh UNIFIL serta Lebanese Armed Forces  (LAF) South Lebanon Sector, Jumat (9/10).

Steel Storm Exercise 2020 merupakan latihan bersama UNIFIL dan LAF yang bertujuan untuk menunjukkan kemampuan profesionalisme pasukan UNIFIL yang bertugas di sektor selatan Lebanon. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan LAF baik dari segi taktik, teknik maupun prosedur penembakan.

Latihan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 5 sampai dengan 9 Oktober 2020 di UNIFIL AO – Firing Range IVO UN Pos 1 – 32A.

“Sebagai wakil MTF, KRI Sultan Hasanuddin telah melaksanakan dengan baik tugas yang diemban selama 5 hari berturut-turut, yakni membuat gambaran situasi taktis permukaan laut dan udara, guna memastikan keamanan di area penembakan,” terang Ludfy usai latihan.

Ludfy juga menambahkan, secara umum situasi pengamanan sektor laut maupun udara selama Steel Storm Exercise 2020 dalam keadaan aman.

“Sehingga kegiatan latihan berjalan dengan aman dan lancar. Latihan ini juga melibatkan sebagian besar unsur UNIFIL dan Angkatan Bersenjata Lebanon, di antaranya Firing Units terdiri dari, SECEAST, SECWEST, FCR, LAF, FC UNITS, sedangkan Support Units terdiri dari, JOC, NOC, FHQSU, MTF serta LAF NAVY,” imbuh Ludfy.

Di tempat terpisah, Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G Sudihartawan mengapresiasi dengan bangga eksistensi KRI Sultan Hasanudin-366 sebagai Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL dalam latihan bersama tersebut.

Steel Storm Exercise 2020 merupakan latihan bersama UNIFIL dan LAF yang bertujuan untuk menunjukkan kemampuan profesionalisme pasukan UNIFIL yang bertugas di sektor selatan Lebanon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News