Krisis Listrik, Tuan Rumah SEA GAMES Cemas

Krisis Listrik, Tuan Rumah SEA GAMES Cemas
Krisis Listrik, Tuan Rumah SEA GAMES Cemas
PALEMBANG - Sebagai tuan rumah SEA GAMES ke-26 tahun 2011 mendatang, Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) tampak mulai cemas. Hal ini terkait kebutuhan listrik untuk ajang olah raga level internasional itu. Agar tidak akan kendala pasokan listrik, Pemprov mendesak PT Perusahaan Listrik Negera (PLN) untuk mempermudah birokrasi dan membuka keran bagi masuknya investor swasta yang ingin membangun powerplan di Palembang. Pasalnya, listrik kerap byar pet dengan dalih kurang daya. 

Wali Kota Palembang, Ir H Eddy Santana Putra MT menjelaskan, sebagai tun rumah SEA GAMES ke-26, pasokan listrik di Palembang harus tercukupi karena listrik jelas menjadi kebutuhan primer. Dia menyayangkan,  Sumsel yang memiliki sumber daya alam berlimpah seperti batu bara, gas, dan minyak justru mengalami krisis listrik.

Dia membandingkan negara Laos, yang menjadi tuan rumah SEA Games ke-25. "Mereka bisa menyuplai listrik ke Thailand. Padahal, Kota Palembang jauh lebih maju dibandingkan dengan Vietnam atau Laos. Saya ngurus powerplan 3 tahun ke PLN tidak selesai-selesai. Di Indonesia justru aneh, punya sumber daya, dana investasi tapi belum tentu bisa bangun powerplan," ujarnya.

Dia menilai, persoalannya selama ini terletak pada rumitnya birokrasi perizinan pembangunan powerplan. “Cobalah dipermudah. Siapa tahu nanti dengan berganti direktur utama yang baru, birokrasi perizinan menjadi lebih longgar," harapnya.

PALEMBANG - Sebagai tuan rumah SEA GAMES ke-26 tahun 2011 mendatang, Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) tampak mulai cemas. Hal ini terkait kebutuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News