Target Ekspor Tumbuh 5,1 Persen

Target Ekspor Tumbuh 5,1 Persen
Target Ekspor Tumbuh 5,1 Persen
JAKARTA -- Menteri Perdagangan RI Mari Elka Pangestu menjelaskan, pertumbuhan volume ekspor tahun 2010 ditargetkan mencapai 5,1 persen. Khusus pertumbuhan ekspor non migas ditargetkan mencapai 6 hingga 7,5 persen.

 “Untuk mencapai angka tersebut, kami tentunya akan melakukan peningkatan jumlah produk yang memiliki daya saing di tingkat global, peningkatan pengamanan pasar dan pencitraan produk Indonesia baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” ungka Mari Pangestu di sela-sela konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (5/1).

Dijelaskan, pemerintah juga akan mengambil sejumlah kebijakan untuk menghadapi pemberlakuan perjanjian perdagangan bebas (Free Trade Agreement/FTA). Sebagai contoh, untuk pengamanan pasar dan produk dalam negeri, pemerintah akan meningkatkan pengawasan barang beredar dan jasa yang tidak memenuhi standar. Selain itu, akan meningkatkan pengamanan terhadap perdagangan yang tidak adil (unfair trade) seperti pengetatan implementasi Surat Keterangan Asal (SKA), antidumping, safeguard, dan penyelundupan.

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan perluasan pasar internasional. Sebelumnya, tujuan pasar ekspor hanya di  pasar besar Amerika Serikat, Uni Eropa, dan China. Ke depan, mulai beralih ke India, Singapura, dan Malaysia. “Dengan adanya tujuan pasar baru tersebut, kami optimis akan mampu mendongkrak pertumbuhan ekspor,” paparnya. Dia menambahkan, pemerintah juga tengah membidik pasar  non tradisional di kawasan Timur Tengah, Rusia, dan Eropa Timur. (cha/jpnn)

JAKARTA -- Menteri Perdagangan RI Mari Elka Pangestu menjelaskan, pertumbuhan volume ekspor tahun 2010 ditargetkan mencapai 5,1 persen. Khusus pertumbuhan


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News