Kritik GMPG Soal Elektabilitas Airlangga Harus Jadi Autokritik Bagi Golkar

Kritik GMPG Soal Elektabilitas Airlangga Harus Jadi Autokritik Bagi Golkar
Pengamat politik Ujang Komarudin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kritik Gerakan Muda Partai Golkar (GMPG) soal rendahnya elektabilitas Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum harus menjadi atensi.

Sebab hal ini diyakini bakal berdampak terhadap citra partai berlogo partai beringin ini pada Pemilu 2024 mendatang.

"Apa yang disampaikan GMPG merupakan autokritik yang bagus untuk Airlangga dan Partai Golkar,” ucap Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin kepada wartawan, Jumat (14/1).

Pernyataan senada disampaikan pengamat politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Usni Hasanudin.

Menurut Usni, kenyataan ini harus jadi konsern Golkar lantaran pendekatan yang dilakukan untuk mengerek tingkat keterpilihan Airlangga sebagai capres pada Pemilu 2024 belum memubahkan hasil.

“Apa yang disampaikan GMPG itu, kan, sesuai dengan hasil survei sejumlah lembaga, capaian Partai Golkar, dan pengalaman yang mereka rasakan selama ini. Jadi itu tidak bisa dinafikan. Para elite Partai Golkar harusnya mulai mereformulasi strateginya jika memang ingin mengusung kadernya sebagai capres,” kata Usni.

Menurut Usni, ada berbagai cara yang dapat dilakukan Partai Golkar. Mengganti capres ataupun mengubah pendekatan dalam meraih simpati publik.

“Jika terus memaksakan seperti ini ya Partai Golkar akan kembali mengulang pengalaman dua pilpres (pemilihan presiden) sebelumnya, Partai Golkar tidak mengusung capres pada Pilpres 2014 dan 2019,” ujar Usni.

Kritik Gerakan Muda Partai Golkar (GMPG) soal rendahnya elektabilitas Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum harus menjadi atensi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News