Kritik Pemecatan Terawan dari IDI, PDIP: Padahal Dia Sepemikiran dengan Jokowi

Kritik Pemecatan Terawan dari IDI, PDIP: Padahal Dia Sepemikiran dengan Jokowi
Tangkapan layar Anggota Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning Proletariyati dalam cuplikan video yang diterima oleh ANTARA di Jakarta, Minggu (27/3/2022). ANTARA/Putu Indah Savitri

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning Proletariyati mengomentari pemecatatn secara permanen mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Kenapa dia harus diberi sanksi bahkan dipecat seperti itu?” tanya Ribka dalam cuplikan video yang diterima oleh ANTARA, Minggu (27/3).

Menurut politikus PDIP ini, Terawan tidak melakukan kesalahan yang fatal maupun kesalahan yang merugikan orang banyak. 

Dia juga menyinggung soal banyaknya dokter melakukan malapraktik tetapi bisa terlepas dari jeratan kesalahan akibat ikatan profesi dokter yang begitu kuat.

“Melakukan DSA (Digital Substraction Angiography) nggak pernah ada korban, baik dari pejabat maupun sampai dengan tingkat rakyat biasa. Dilakukan dengan baik-baik,” kata wanita yang juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Bidang Penanggulangan Bencana ini.

Dia lantas menyinggung kampanye vaksin Nusantara. Ribka menilai kampanye yang dilakukan oleh Terawan justru patut diacungi jempol. 

Ketika negara mengimpor vaksin dari luar negeri, kata Ribka, Terawan justru yakin bahwa bangsa Indonesia dapat membuat vaksin sendiri.

“Dia punya keyakinan bahwa suatu saat Indonesia pasti bisa membuat vaksin, apalagi semakin ke sini, pernyataan Pak Jokowi semakin jelas bahwa kita harus mencintai produk dalam negeri,” ucap dia.

Politikus PDIP mengkritik pemecatan dokter Terawan secara permanen dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News