Kroasia dan Swiss Tembus Piala Dunia 2018

Kroasia dan Swiss Tembus Piala Dunia 2018
Kroasia berpesta usai memastikan tampil di PIala Dunia untuk kedua kali secara beruntun, dan total kelima kali. Foto: Twitter @HNS_CFF

jpnn.com, PIRAEUS - Dua tim Eropa, Kroasia dan Swiss memastikan tiket ke Piala Dunia 2018 lewat jalur playoff. Kroasia memastikan tiket ke Rusia usai menahan imbang Yunani dengan skor 0-0 pada leg kedua di Karaiskaki Stadium, Senin (13/11) dini hari WIB.

Hasil imbang tanpa gol memang sudah cukup untuk membawa Kroasia tampil di turnamen akbar antarnegara sedunia pada tahun depan. Pasalnya, dalam laga pertama di kandang sendiri, Luka Modric dan kawan-kawan mampu memetik modal kemenangan 4-1, yang sekaligus menjadi agregat akhir.

Meski tampil di kandang lawan, Kroasia memang mampu memeragakan permainan solid. Mereka nyaris tak membiarkan Yunani mengembangkan permainan sepanjang laga. Upaya tuan rumah mencetak gol pun acapkali menemui kebuntuan.

Meski unggul penguasaan bola hingga 60 persen, Sokratis Papastathopoulos dan kawan-kawan selama 90 menit hanya sekali melepaskan tembakan ke arah gawang. Itu juga mentah di tangan kiper Kroasia, Danijel Subasic.

Tim tamu juga tak bermain terlalu ngotot. Dengan keunggulan 4-1 di leg pertama, pasukan Zlatko Dalic itu lebih memilih bermain aman hingga waktu berakhir. Buktinya, mereka tak sekali pun melepaskan shot on target.

Hasilnya, hingga laga usai skor tetap imbang 0-0. Kroasia pun berhak tampil di Piala Dunia 2018 Rusia. Bagi Kroasia, ini penampilan kedua beruntun di Piala Dunia dan yang kelima kali secara keseluruhan.

Sementara Swiss memastikan tembus ke Rusia 2018 usai bermain imbang 0-0 saat menjamu Irlandia Utara pada leg kedua play-off di St. Jakob-Park, Minggu (12/11). Skor agregat 1-0 membawa Swiss tampil untuk keempat kali beruntun di putaran final Piala Dunia, dan 11 kali secara keseluruhan.

Bermodal kemenangan 1-0 pada leg pertama di Windsor Park (9/11) lalu, tim asuhan Vladimir Petkovic memang tampil percaya diri pada laga kedua di kandang sendiri. Meski begitu, Swiss tetap mendapat perlawanan sengit dari Irlandia Utara yang coba mengais asa lolos.

Di babak playoff, Kroasia menyingkirkan Yunani, sementara Swiss mengubur mimpi Irlandia Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News