JPNN.com

KSOP Balikpapan, Nyatakan 30 Kapal Laik Angkut Penumpang Mudik

Sabtu, 18 Juni 2016 – 21:17 WIB
KSOP Balikpapan, Nyatakan 30 Kapal Laik Angkut Penumpang Mudik - JPNN.com
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Foto dok jpnn

BALIKPAPAN - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan telah merampungkan rampcheck terhadap 30 kapal. Adapun, puluhan kapal itu milik PT Pelni, PT ASDP, PT Dharma Lautan Nusantara dan perusahaan kapal lainnya.

Hasilnya ke-30 kapal tersebut dinyatakan laik laut dan siap untuk mengangkut penumpang pada musim mudik lebaran tahun ini.

Hal itu dilaporkan Kepala KSOP Balikpapan, Hendri Tondang kepada Menhub Ignasius Jonan saat meninjau kesiapan angkutan lebaran di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Jumat (17/6) kemarin.

Jonan menegaskan, rampcheck wajib dilakukan kepada semua moda secara menyeluruh. Tujuannya agar keselamatan semakin meningkat, dan angkutan lebaran tahun ini harus lebih baik.

Terkait penambahan jumlah penumpang pada saat arus mudik maupun arus balik, Jonan mengatakan pihaknya memperbolehkan, sepanjang sesuai dengan kesiapan dan kelaikan kapal.

"Jumlah dispensasi tambahan penumpang tergantung kesiapan dan kelaikan kapal. Pada setiap kapal harus tersedia peralatan keselamatan tambahan yang laik berfungsi, misalnya pelampung," tegas Jonan. (chi/jpnn)

 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy