KSPI: SBY Harus Pilih Menakertrans Ngerti Buruh

KSPI: SBY Harus Pilih Menakertrans Ngerti Buruh
KSPI: SBY Harus Pilih Menakertrans Ngerti Buruh
JAKARTA -  Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Thamrin Musi mengatakan rencana perombakan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II menjadi momentum bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk memilih Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) yang mengerti perburuhan. Pasalnya, hanya menteri yang mengerti perburuhan yang bisa mengakomodir dan menyelesaikan kepentingan buruh dan ketenagakerjaan.

“Seoraang menteri bukan teknisi. Dia adalah pembuat kebijakan yang harus memahami bagaimana psikologis dan kondisi perburuhan sekarang ini. Makanya, SBY harus melihat dalam reshufle kabinet menteri pas," kata Thamrin Musi di Jakarta, Kamis (13/10).

Thamrin mengatakan demonstrasi karyawan PT Freeport Indonesia yang menelan korban jiwa tidak akan terjadi bila Menakertrans mengerti dengan perburuhan.  “Menteri tersebut tidak mesti dari serikat pekerja. Dalam menghadapi polemik buruh yang semakin panas ini, dibutuhkan orang yang punya bakcground yang bisa menyelesaikan kasus perburuhan. Dibutuhkan smiling people, berpengalaman di Kabinet sebelumnya. Kalau orang baru belum tentu bisa meramu konflik tersebut,” katanya.

Sosok berpengalaman yang layak menjabat Menakertrans dimaksud Thamrin adalah Erman Suparno, Fahmi Idris. “SBY pernah tahu kinerja menteri dan mantan menteri KIB I. Tapi dari kedua nama tersebut, Erman Suparno paling tepat di situ. Sosok beliau komunikatif, wise dan smiling people,” ujarnya.

JAKARTA -  Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Thamrin Musi mengatakan rencana perombakan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News