KSPSI dan PTPN lll Sepakat Selesaikan Permasalahan Ini

KSPSI dan PTPN lll Sepakat Selesaikan Permasalahan Ini
Perwakilan para buruh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) bertemu dengan Kadiv SDM PTPN lll Yefri Yudianto dan Kadiv Hubungan Kelembagaan dan TJSL PTPN III Ridho Syahputra Manurung. Foto dok KSPSI

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan massa buruh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) melakukan aksi demonstrasi damai di Kantor Holding Perkebunan Nusantara PTPN III, Gedung Agro Plaza, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/9).

Massa buruh yang datang bukan hanya dari Jabodetabek tetapi juga dari Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Ketua DPD KSPSI Sumut T. Muhammad Yusuf mengatakan, demo ini dilakukan karena telah terjadi sengketa hubungan industrial di PT Sri Pamela Medika Nusantara anak perusahaan PTPN III dengan pekerjanya yang merupakan anggota KSPSI.

"Kami menduga ada praktik Union Busting yang dilakukan PT Sri Pamela Medika Nusantara dengan melakukan PHK sepihak kepada Rio Affandi Siregar. Kemudian, terjadi mutasi secara bersama-sama terhadap Supriatno, Darwis Wijaya, Yudi Harjo, Edy Suryono, dan Dyan Wiradani Sitorus," ujarnya.

Yusuf mengungkapkan, upaya-upaya perundingan penyelesaian, baik secara bipartit maupun tripartit dengan perusahaan seperti menemui jalan buntu.

"Januari 2023, Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumut telah mengeluarkan anjuran agar Rio Affandi Siregar namun perusahaan tidak melaksanakannya. Ini artinya, perusahaan milik negara tidak patuh pada keputusan," tegasnya.

Untuk itu, dalam demo tersebut para buruh mendesak perusahaan untuk mencabut PHK sepihak terhadap Rio Affandi Siregar dan meminta perusahaan untuk mempekerjakannya kembali.

Kemudian, mendesak perusahaan untuk mencabut keputusan mutasi terhadap Supriatno, Darwis Wijaya, Yudi Harjo, Edy Suryono, dan Dyan Wiradani Sitorus.

Massa buruh yang datang bukan hanya dari Jabodetabek tetapi juga dari Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News