KTT Asia Timur, Jokowi Tegaskan Indonesia Tolak Sampah dari Luar Negeri

KTT Asia Timur, Jokowi Tegaskan Indonesia Tolak Sampah dari Luar Negeri
Presiden Jokowi di KTT ke-14 Asia Timur, di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Senin (4/11). Foto : BPMI Setpres

jpnn.com, BANGKOK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan kerja sama penanganan limbah B3 dan sampah plastik ketika berbicara di KTT ke-14 Asia Timur, di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Senin (4/11).

Menurut Jokowi, beberapa waktu terakhir ini, sejumlah negara ASEAN menerima limbah berbahaya dan beracun dari beberapa negara termasuk di kawasan Asia Timur.

“Tentunya kita semua tidak ingin kawasan Asia Tenggara, menjadi tempat pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun,” ucap Jokowi, sembari menegaskan bahwa hal itu melanggar aturan internasional mengenai limbah plastik dan limbah beracun berbahaya.

Oleh karena itu, Presiden ketujuh RI tersebut menyampaikan dua usulan selain kerja sama penanganan limbah B3 dan sampah plastik, yaitu infrastruktur dan konektivitas di Indo-Pasifik.

Dia juga menjelaskan bahwa Indonesia telah mengambil langkah pemberitahuan melalui masing-masing Kedutaan Besar dan telah melakukan pengiriman kembali kontainer-kontainer berisi limbah tersebut ke pelabuhan asal pengiriman.

"Law enforcement juga kami lakukan bagi pihak yang terlibat di dalam negeri," tegasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan bahwa Indonesia mengharapkan kerja sama negara di dunia, termasuk di kawasan Asia Timur, untuk pencegahan pengiriman ilegal limbah B3 sesuai dengan kesepakatan internasional.

Selain limbah B3, kawasan Asia Timur juga menghadapi tantangan sampah plastik laut. Jika tidak diatasi segera, hal itu akan merusak ekosistem laut di kawasan Indo-Pasifik.

Presiden Joko Widodo mengatakan sejumlah negara ASEAN menerima limbah b3 dan sampah dari beberapa negara termasuk di kawasan Asia Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News