KTT G20 Dinilai Mampu Mengantarkan Indonesia Menuju Poros Maritim

KTT G20 Dinilai Mampu Mengantarkan Indonesia Menuju Poros Maritim
Pengamat Maritim dari Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Strategic Centre (IKAL SC) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hajatan besar KTT G20 di Bali, 15 - 16 November 2022 membuktikan Indonesia mampu menghelat event penting dunia. 

Setidaknya ada 17 kepala negara yang dalam konferensi bertaraf internasional tersebut. 

Pengamat Maritim dari Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Strategic Centre (IKAL SC) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa menilai KTT G20 dapat dipakai sebagai ajang diplomasi untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.  

"Visi misi poros maritim dunia kita. Sehingga Indonesia dapat menunjukkan peradaban maritim, kedaulatan bangsa, dan ketahanan pangan serta energinya," ujar Marcellus Hakeng, Rabu (16/11). 

Dia menyebut letak Indonesia yang strategis dapat dijadikan modal berdiplomasi dalam sektor perikanan dan kelautan. 

"Indonesia harus memanfaatkan momen perhelatan KTT G20 untuk berdiplomasi terkait pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya perikanan dan kelautan yang sama-sama menguntungkan dan berkelanjutan," katanya. 

Selain itu, membahas syarat ekspor produk perikanan dan kelautan dari Indonesia ke negara lain, khususnya negara  anggota G20. 

Dalam KTT G20 juga sepatutnya Indonesia dapat membahas mengenai batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) antara Indonesia dengan China, dan Indonesia dengan Vietnam yang wilayah lautnya berdekatan dengan wilayah laut  Indonesia. Atau juga dengan Negara Australia. 

Hajatan besar KTT G20 dinilai mampu mendorong Indonesia jadi poros maritim dunia. Simak selengkapnya!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News