Kualitas Soal Ujian Pengganti Setara UN

Kemendiknas Siapkan 2 Paket Soal UN Cadangan

Kualitas Soal Ujian Pengganti Setara UN
Kualitas Soal Ujian Pengganti Setara UN
JAKARTA — Terkait dengan adanya ujian nasional (UN) pengganti yang harus dilakukan di beberapa sekolah di daerah, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) bersama Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP) mengaku telah menyiapkan dua buah paket soal cadangan. Namun demikian, kualitas soal ujian pengganti tetap setara dengan soal-soal UN.

“Di dalam  penyediaan soal-soal UN, pastinya kami selalu menyiapkan setidaknya lima buah paket soal. Yakni, paket soal utama, paket soal ulangan, paket soal susulan, dan dua paket soal cadangan,” ujar anggota BSNP, Djaali ketika ditemui di Gedung Kemendiknas, Jakarta, Jumat (26/3).

Dijelaskannya, untuk pelaksanaan UN pengganti yang akan dilakukan di Medan, Bali dan Lombok, pihaknya akan menggunakan soal-soal UN cadangan tersebut. “Para siswa jangan khawatir. Soal yang digunakan untuk pelaksanaan UN pengganti ini, tingkat kesukarannya setara dengan soal UN sebelumnya. Kami pun tetap mengharapkan agar hasil UN pengganti kali ini akan lebih valid,” ujar Djaali.

Menurutnya, yang berbeda di dalam pelaksanaan UN pengganti tersebut adalah kondisi pengawasan dan kenyamanan para siswa dalam mengerjakan UN di sekolah. “Kondisi pengawasan tentunya akan lebih ketat, dan dipastikan para siswa akan lebih tenang dan nyaman dalam mengerjakan soal UN, mengingat tidak akan ada lagi istilah bocornya soal atau kunci jawaban,” tegasnya.

JAKARTA — Terkait dengan adanya ujian nasional (UN) pengganti yang harus dilakukan di beberapa sekolah di daerah, Kementerian Pendidikan Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News