Soal UN Belum Dibuka Tapi Bisa Jawab

Soal UN Belum Dibuka Tapi Bisa Jawab
Soal UN Belum Dibuka Tapi Bisa Jawab
PADANG--Kunci jawaban mata pelajaran matematika pada UN kemarin kembali beredar. Saking semangatnya lantaran merasa sudah mengantongi kunci jawaban, ada siswa yang langsung mengisi lembar jawaban komputer (LJK) meski belum menyentuh lembaran soal. Hal ini terjadi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Padang.

Untung saja, perbuatan curang ini diketahui pengawas ruangan, Yulia dan Fahmi Reza. Kedua pengawas ini cerita, siswa bernama Fw kedapatan tengah menghitamkan lembar jawaban komputer (LJK) pada kolom jawaban. Seharusnya, menurut Fami Reza, lima belas menit sebelum ujian dimulai, siswa disuruh menghitamkan biodata dan membubuhkan tanda tangan.

"Namun, Fw sudah memulai aksinya dengan menghitamkan abo untuk beberapa nomor soal, padahal bel belum dibunyikan dan soal pun belum disentuh, tapi siswa sudah ada yang mengisi beberapa nomor. Aneh kan?" ujarnya. Kejanggalan lainnya ditemukan pada lembar jawaban abo milik siswa berinisial R. Di abonya terlihat lingkaran sebanyak 50 soal. Padahal, soal matematika hanya 40 soal.

Siswa lain, Ft, juga tertangkap basah melakukan kecurangan saat UN mata pelajaran matematika, kemarin. Siswi ini kedapatan menuliskan keempat puluh kunci jawaban UN matematika di papan abo. Secara tak sengaja pengawas menemukan "jimat" yang berusaha disembunyikan Ft. Reza telah melaporkan tindakan kecurangan itu pada pengawas independen yakni pengawas dari Perguruan Tinggi (PT). "Bagaimana proses selanjutnya, saya tak tahu. Penting untuk membentuk moral anak dari kecil. Mau jadi apa negara kita kalau siswanya sejak kecil sudah terlatih curang," katanya.

PADANG--Kunci jawaban mata pelajaran matematika pada UN kemarin kembali beredar. Saking semangatnya lantaran merasa sudah mengantongi kunci jawaban,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News