Kuartal Keempat Puncak Sales Motor

Kuartal Keempat Puncak Sales Motor
Kuartal Keempat Puncak Sales Motor
SURABAYA - Penjualan kendaraan roda dua tahun ini diprediksi tidak secerah tahun lalu. Puncak penjualan motor di Jatim diperkirakan bakal terjadi pada tiga bulan terakhir 2011. Suwito, Presdir PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), diler utama Honda di Jatim dan NTT, mengatakan bulan ini penjualan diprediksi meningkat 20-25 persen dibanding Juli.

Tapi, peningkatan itu tidak lebih baik pada tahun lalu yang bisa mencapai 30 persen. "Penyebabnya, suplai masih terbatas karena pendeknya hari kerja. Selain itu, musim panen tidak terjadi pada bulan ini," paparnya di sela perkenalan Honda CBR150R dan New Blade di Hotel Shangri-La, Surabaya, kemarin (4/8).

Mulai bulan ini, lanjut dia, pabrik PT AHM (Astra Honda Motor), agen tunggal pemegang merek motor Honda, meningkatkan produksi hingga 30 persen menjadi 8.800 unit per hari. Kenaikan produktivitas itu diharapkan menutup kekurangan suplai dalam berapa bulan sebelumnya. Tapi, momen Lebaran menyebabkan hari kerja bakal berkurang seminggu. "Juli, kami belum bisa mengirimkan 10 ribu motor permintaan yang tercatat di leasing," ujarnya.

Karena itu, depan inden Juli 100 persen terselesaikan. Sampai Juli, penjualan MPM tercatat 375 ribu unit atau tumbuh 14 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Sedangkan pasar di Jatim turun 9 persen. "Pangsa yang tembus 60,3 persen membuat pasar kami tumbuh," cetusnya.

SURABAYA - Penjualan kendaraan roda dua tahun ini diprediksi tidak secerah tahun lalu. Puncak penjualan motor di Jatim diperkirakan bakal terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News