Kucing Persia Bakal jadi Astronot Iran

Kucing Persia Bakal jadi Astronot Iran
Kucing Persia Bakal jadi Astronot Iran

jpnn.com - TEHERAN - Badan Ruang Angkasa Iran bakal mengikutkan seekor kucing Persia dalam misi explorer ruang angkasa. Ini merupakan binatang kedua yang diluncurkan setelah sebelumnya Iran menguji seekor monyet dalam misi ruang angkasanya pada awal tahun lalu.

Menurut kantor berita resmi IRNA, kucing yang bernama Aptly akan meluncur pada akhir Maret mendatang. "Kami juga mempertimbangkan meluncurkan tikus dan seekor kelinci dalam misi berikutnya," ujar Mohammad Ebrahimi, seorang pejabat senior ruang angkasa Iran seperti dilansir redorbit, Selasa (17/9).

Iran akan menggunakan roket berbahan bakar cair untuk penerbangan ini setelah sebelumnya memanfaatkan roket berbahan bakar padat, yang juga digunakan dalam rudal jarak jauh. Setelah di udara, roket ini akan mencapai ketinggian 72 km sebelum akhirnya kembali ke Bumi.

Menurut Associated Press, perubahan penggunaan roket ini merupakan sinyal positif negara Mullah ini untuk melanjutkan pembicaraan nuklir dengan negara-negara lain. Apalagi pada awal musim panas ini Iran memamerkan " Ruang Monitoring Center " yang berdekatan Teheran untuk memantau aktifitas satelitnya.

Program luar angkasa Iran kini masih dalam tahap relatif awal dan hanya meluncurkan hewan melewati atmosfer bumi, meskipun Presiden Mahmoud Ahmadinejad mengklaim ingin menjadi astronot pertama Iran beberapa waktu silam. (esy/jpnn)


TEHERAN - Badan Ruang Angkasa Iran bakal mengikutkan seekor kucing Persia dalam misi explorer ruang angkasa. Ini merupakan binatang kedua yang diluncurkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News