Kuliah Umum di USU, Hasto Tantang Mahasiswa Bawa Indonesia Memimpin Dunia

Kuliah Umum di USU, Hasto Tantang Mahasiswa Bawa Indonesia Memimpin Dunia
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan kuliah umum di USU, Medan, Senin (14/3). DPP PDIP

jpnn.com, MEDAN - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta para mahasiswa Indonesia berani berimajinasi dan memupuk spirit kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia. Hasto mengingatkan mahasiswa harus mengikuti jejak founding fathers Indonesia, seperti Soekarno, Hatta, dan para tokoh nasional lainnya.

“Mahasiswa jangan pernah takut berimajinasi. Semasa masih muda, bangunlah imajinasi dan spirit itu,” kata Hasto Kristiyanto saat mengisi Kuliah Umum bertema “Indonesia Dalam Geopolitik Global” di aula Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, Senin (14/3).

Mahasiswa Program Doktoral Universitas Pertahanan (Unhan) RI itu menjelaskan panjang soal Pemikiran Geopolitik Soekarno yang bertumpu pada sejumlah prinsip. Pertama, doktrin geopolitik Indonesia sesuai dengan bunyi pembukaan UUD 1945. Bahwa kemerdekaan ialah hak segala bangsa, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaaan dan perikeadilan.

Kedua, pemikiran kemerdekaan Indonesia untuk membangun persaudaraan dunia, yang bebas dari imperialisme dan kolonialisme.

Ketiga, menekankan pada supremasi penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemanusiaan, pembebasan (kemerdekaan), keadilan dan perdamaian dunia.

Dan keempat, geopolitik Indonesia bukan untuk memperluas wilayah, melainkan basis persatuan Indonesia untuk tatanan dunia baru berdasarkan Pancasila.

“Geopolitik itu tak pernah berubah. Yang berubah hanya bentuk penguasaan sumber dayanya. Kalau dulu misalnya perebutan komoditas dan sumber daya energi. Sekarang kolonialisme bisa berbentuk kolonialisme data,” kata Hasto.

Kini dunia dihadapkan pada perkembangan geopolitik baru. Ada persoalan Rusia dan Ukraina, kondisi di Timur Tengah, hingga dinamika di Laut Tiongkok Selatan. Para mahasiswa Indonesia saat ini perlu mendalami sejarah dan pengalaman sebenarnya yang sudah dilakukan di era Soekarno. Bagaimana para pendiri bangsa Indonesia sudah pernah menunjukkan ke dunia bahwa Pancasila adalah the ultimate world ideology.

Hasto Kristiyanto memberikan kuliah umum di USU. Dia mengutarakan tentang geopolitik para pendiri bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News