Kulit Kentang Keleci Ampuh Cegah Kanker

Kulit Kentang Keleci Ampuh Cegah Kanker
Kulit Kentang Keleci Ampuh Cegah Kanker
JAKARTA - Bagi mereka yang sering jalan-jalan ke pasar tradisional mungkin familiar dengan Kentang Kleci alias Kentang Hitam. Umbi mungil berkulit hitam atau coklat sebesar ibu jari ini sering dijadikan sayur atau camilan dengan cara direbus. Tapi meski sederhana hasil penelitian terbaru menyebut tanaman yang juga dikenal sebagai Coleus tuberosus ini mempu mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker. Kentang Kleci ternyata mengandung senyawa-senyawa antioksidan dan antiproliferasi (antiperbanyakan sel kanker) golongan triterpenic acid.

Mutiara Nuraini mahasiswa S-3 Program Studi Ilmu Pangan Fakultas Teknologi Pertanian UGM, untuk melakukan serangkaian penelitian terkait dengan senyawa fungsional kentang hitam. Hasilnya diketahui bahwa kandungan senyawa-senyawa di bagian kulit kentang lebih tinggi (sekitar 4 kali) dibandingkan dengan bagian daging umbi.

"Senyawa-senyawa tersebut dan ekstrak umbi kentang hitam setelah diuji aktivitas antioksidannya menggunakan metode FTC dan TBA ternyata positif menunjukkan aktivitas yang tinggi," ujar Prof Dr Ir Umar Santoso MSc selaku promotor penelitian dalam situs resmi UGM www.ugm.ac.id, Rabu (14/9).

Umar menambahkan mengatakan Mutiara telah melakukan uji aktivitas antiproliferasi terhadap ekstrak umbi kentang hitam (bagian kulit dan daging) dengan menggunakan sel-sel kanker payudara MCF-7 (Michigan Cancer Foundation-7) dan memakai metode MTT Assay. Secara singkat, sel-sel kanker ditempatkan dalam sumuran-sumuran pada plat kemudian diberikan perlakuan dengan ekstrak umbi kentang hitam berbagai konsentrasi.

JAKARTA - Bagi mereka yang sering jalan-jalan ke pasar tradisional mungkin familiar dengan Kentang Kleci alias Kentang Hitam. Umbi mungil berkulit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News