Kulit Pisang Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Kulit Pisang Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan
kulit pisang. Foto: ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - Buah pisang tidak hanya kaya serat, tetapi juga merupakan sumber potasium yang berfungsi untuk menguatkan tulang. Selain itu, pisang juga mengandung enzim yang baik untuk percernaan dan meningkatkan produksi hormon dopamin yang berfungsi untuk meningkatkan energi.

Namun, tidak hanya daging pisang saja yang bermanfaat. Kulit pisang juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Menurut ahli gizi dari Australia, Susie Bowell, kulit pisang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Bila dikonsumsi secara teratur, kulit pisang dapat memberikan nutrisi yang tepat untuk membantu mengecilkan lingkar pinggang karena kandungan seratnya yang sangat tinggi. Kulit pisang juga kaya akan vitamin B6, vitamin C, potasium dan magnesium.

Dikutip dari Times of India, warna kulit pisang juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Sebagai contoh, warna hijau menandakan kulit pisang itu banyak mengandung asam amino esensial yang baik untuk kesehatan lambung.

Warna kuning pada pisang menandakan kadar antioksodan yang sangat tinggi. Selain itu kadar melatonin pada kulit pisang juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Hingga saat ini para ahli masih melakukan sejumlah tes untuk membuktikan seberapa efektifnya konsumsi kulit pisang untuk menurunkan berat badan.

Namun, manfaat kulit pisang untuk kesehatan tetap tidak dapat dipungkiri. Kulit pisang dapat langsung dikonsumsi, direbus, atau dikukus. Tetap,i pastikan kulit pisang dicuci bersih sebelum dikonsumsi supaya tidak ada bakteri yang mengganggu manfaat dari kulit pisang tersebut.(ant/jpnn)

Menurut ahli gizi dari Australia, Susie Bowell, kulit pisang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News