Kumbang Itu Untungkan Petani

Kumbang Itu Untungkan Petani
Kumbang Itu Untungkan Petani
MASYARAKAT tidak perlu panik, namun harus tetap hati-hati agar tidak terkena oleh racun yang dikeluarkan Tomcat. Kumbang kecil ini mempunyai cairan yang mengandung toksin/racun Piderin untuk melindungi diri.

 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian (Litbang Kementan) Dr Haryono mengatakan, sebenarnya Tomcat temasuk predator yang memangsa serangga hama, sehingga dalam konteks pertanian menguntungkan bagi petani. Ini karena turut menjaga dan menekan populasi hama. Serangga ini menyukai cahaya. ”Karena itu, ketika malam hari dia akan pindah ke rumah yang terang dan masuk. Ledakan populasi biasanya terjadi di akhir musim hujan dan akan menurun ketika musim kemarau,” jelasnya belum lama ini.

Haryono menambahkan, tindakan pertolongan pertama adalah dengan mencuci daerah terkontaminasi serangga dengan air sabun untuk menghilangkan racun pederin yang dikeluarkan oleh serangga, namun apabila sakit terus berlanjut segera pergi ke dokter.

 

”Racun pederin tidak menular atau menyebar ke bagian lain (bersifat iritasi kulit local, Red) dan tidak akan sampai mematikan seperti diberitakan di media bahwa racunnya 12 kali racun ular. Tapi jika tidak ditangani dengan baik, misal karena gatal lalu digaruk dengan tangan kotor, sehingga timbul serangan sekunder berupa bakteri atau jamur atau mungkin virus, maka hal inilah yang mengakibatkan dampaknya akan meluas,” katanya. (aro)

MASYARAKAT tidak perlu panik, namun harus tetap hati-hati agar tidak terkena oleh racun yang dikeluarkan Tomcat. Kumbang kecil ini mempunyai cairan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News