Kumpulkan Seluruh Kada, Menteri, dan Kapolda, Jokowi Minta Kompak Tangani Inflasi

Kumpulkan Seluruh Kada, Menteri, dan Kapolda, Jokowi Minta Kompak Tangani Inflasi
Presiden Jokowi memberikan arahan kepada seluruh menteri, pimpinan lembaga, kepala daerah, direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), panglima daerah militer, kapolda, dan kajati se-Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (29/9). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh menteri, kepala daerah, pimpinan lembaga, pangdam, kapolda, petinggi BUMN, dan kajati se-Indonesia untuk kompak menangani inflasi.

Hal itu disampaikan Jokowi kepada pihak-pihak tersebut di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (29/9).

Dalam arahannya, presiden mengajak semua pihak untuk kompak dan bersatu dalam menangani inflasi. Sebab, saat ini inflasi merupakan momok setiap negara.

"Kita harus kompak, harus bersatu dari pusat, provinsi, kabupaten/kota, sampai ke bawah, dan semua kementerian/lembaga seperti saat kita kemarin menangani Covid. Kalau Covid kita bisa bersama-sama, urusan inflasi ini kita juga harus bersama-sama," ujar presiden.

Menurut presiden, jika di negara lain inflasi merupakan urusannya bank sentral, maka di Indonesia urusan tersebut tanggung jawab bersama.

Presiden sendiri merasa senang karena otoritas fiskal dan moneter, yakni Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan, bisa berjalan beriringan dan rukun.

"Tetapi yang lebih penting adalah bukan mengerem uang beredarnya, tetapi kita menyelesaikan di ujungnya, yaitu kenaikan barang dan jasa yang itu menjadi tanggung jawab kita semuanya," imbuhnya.

Jokowi melanjutkan saat ini yang paling penting untuk diantisipasi adalah kenaikan harga bahan pangan dan bahan makanan karena merupakan kontributor terbesar inflasi hingga Agustus ini.

Presiden Jokowi mengajak semua pihak untuk kompak dan bersatu dalam menangani inflasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News