Kuncoro Wibowo Mengeklaim Seluruh Beras Bansos Terdistribusi kepada KPM

Kuncoro Wibowo Mengeklaim Seluruh Beras Bansos Terdistribusi kepada KPM
Ilustrasi gudang beras. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Mantan Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) Kuncoro Wibowo mengeklaim seluruh pengiriman beras bansos 2020 telah diterima 100 persen oleh Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan atau KPM/PKH yang menjadi tanggung jawab BGR.

“Sejak awal saya sudah minta pada semua manajemen dan staf BGR untuk memberikan semua dokumen yang ada jika dipanggil KPK, dan memastikan bahwa tidak menerima uang atau barang dari vendor,” kata Kuncoro seperti keterangan tertulis yang diterima JPNN pada Minggu (27/8).

Sesuai dokumen kontrak Kemensos kepada BGR, ada dua pekerjaan yang harus dilakukan BGR, yaitu:

  • Mendistribusikan beras dari gudang Bulog kepada KPM PKH
  • Menyerahkan biaya pendampingan, biaya koordinasi serta biaya penyerahan bansos kepada pendamping/RT/RW/kelurahan

Kuncoro mengatakan PT BGR telah menyelesaikan kewajibannya sesuai target yang ditetapkan Kemensos, yaitu mendistribusikan bansos beras di Indonesia Bagian Barat untuk 5 juta KPM/PKH.

Menurut Kuncoro beras yang didistribusikan PT BGR ke 19 provinsi itu jumlahnya mencapai 200 juta ton beras, dalam waktu kurang dari dua bulan. Saat itu masih banyak lockdown karena masa pandemi Covid-19.

"Kami memastikan distribusi berasnya sampai kepada masyarakat semuanya, karena semua kegiatan mulai saat pengambilan beras dari gudang Bulog, kemudian distribusinya dengan menggunakan armada logistik dan SDM BGR sampai kepada tangan masyarakat berjalan dengan baik dan dimonitor secara real time oleh Kemensos dengan menggunakan sistem yang terintegrasi," kata Kuncoro.

Pihaknya juga telah membuat sistem pengawasan untuk memastikan paket beras bansos terkirim ke masyarakat. Sistem tersebut diberi nama Bianca (Bansos Integrated Application), yang terintegrasi dengan Kemensos dan Bulog, sehingga bisa saling mengontrol.

"Dari sistem pengawasan Bianca, 100 persen paket bansos telah sampai kepada penerima," ujarnya.

Mantan Dirut PT BGR Kuncoro Wibowo akan kooperatif dalam kasus beras bansos ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News