Kunjungan DPR ke Parlemen Ceko Tingkatkan Kerja Sama Bilateral

Kunjungan DPR ke Parlemen Ceko Tingkatkan Kerja Sama Bilateral
Parlemen Indonesia melakukan kerja sama kesepahaman dengan Parlemen Republik Ceko. Foto: Humas DPR

jpnn.com, PRAHA - Kebutuhan energi Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya dan komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi sebesar 29 persen pada 2030 mendorong Parlemen Indonesia untuk melakukan kerja sama kesepahaman dengan Parlemen Republik Ceko.

Kerja sama itu untuk mengembangkan energi listrik terbarukan, terutama dalam mendorong pengembangan proyek mobil listrik yang sedang dalam kajian pemerintah Indonesia.

Selain menjaga dan meningkatkan kerja sama antarparlemen, kunjungan muhibah ini juga untuk memperbaiki kebijakan dan pengembangan penggunaan energi terbarukan, termasuk di dalamnya pengembangan kendaraan listrik.

Rombongan DPR Indonesia yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Koordinator Urusan Industri dan Pembangunan Agus Hermanto diterima oleh Wakil Ketua Parlemen Ceko Vojtech Filip.

Selain berkunjung ke Parlemen Ceko, delegasi Indonesia juga telah melakukan kunjungan ke sejumlah industri energi baru terbarukan dan kendaraan listrik di Praha, ibu kota Republik Ceko, seperti perusahaan Hydropool, Bowmen, Energo Pro dan skada Auto Companies.

Menurut Agus, ada beberapa agenda yang di awa untuk selanjutnya di tindaklanjuti bersama dengan parlemen Ceko.

Di antaranya soal energi baru terbarukan yang mana Ceko adalah salah satu negara di Eropa yang memiliki teknologi maju di bidang pengolahan energi listrik.

Agus menambahkan, selain masalah kelistrikan, delegasi kedua negara juga membicarakan masalah kedirgantaraan, peningkatan rute penerbangan dari Jakarta ke Praha, serta ratifikasi kerja sama di bidang kebudayaan kedua negara, yang telah terjalin sejak lama.

Kebutuhan energi Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya dan komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi sebesar 29 persen pada 2030 mendorong Parlemen Indonesia untuk melakukan kerja sama kesepahaman dengan Parlemen Republik Ceko.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News